Pembalap Loeb juarai etape tujuh reli Dakar 2024

id reli dakar,dakar 2024,sebastien loeb,otomotif

Pembalap Loeb juarai etape tujuh reli Dakar 2024

Pebalap tim BRX Sebastien Loeb asal Prancis dan co-driver Fabian Lurquin dari Belgia menjalani etape 7 reli Dakar 2024 dari Riyadh ke Al Duwadimi. (14/1/2024) (AFP/PATRICK HERTZOG)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prancis Sebastien Loeb merebut kemenangan etape tujuh reli Dakar 2024 pada Minggu demi memangkas jarak dari rivalnya asal Spanyol Carlos Sainz yang masih kokoh di puncak klasemen kategori mobil.

Itu merupakan kemenangan ketiga bagi Loeb pada Dakar tahun ini dan yang ke-26 kalinya sepanjang partisipasinya di reli ketahanan tersebut.

Loeb, yang juara dunia reli sembilan kali, mencoba mempertahankan momentum kemenangan etape maraton selama dua hari yang berakhir Jumat, dengan kesuksesan lagi saat Dakar memasuki pekan kedua.

"Kami menjalani etape yang baik. Tidak ada kesalahan yang besar," kata Loeb dikutip laman resmi Dakar.

Sang pembalap tim BRX mengawali hari sebagai pembuka jalan menyusul kemenangan sebelumnya di etape enam, namun mampu menerjemahkan roadbook dengan baik dan finis dengan catatan tercepat, mengalahkan pembalap tim Toyota Lucas Moraes dengan margin tujuh menit enam detik.

"Kami di mobil pertama, jadi kami harus membuka jalan, tapi terkadang hal itu lebih baik, karena kami benar-benar berkonsentrasi dengan tugas kami dan menekan terus, mencoba untuk sangat hati-hati dalam navigasi yang rumit, dan kami melakukannya dengan sangat baik."

Juara bertahan Nasser Al-Attiyah, yang terlempar jauh dari persaingan utama menyusul kemalangannya di maraton, finis ketiga dengan jarak sembilan menit 47 detik.

Mengantongi defisit dua jam 40 menit, Al-Attiyah akan fokus membantu Loeb, sesama pengendara mobil Prodrive Hunter, untuk meraih gelar pertamanya di Dakar.



Sementara itu Sainz kehilangan 10 menit 31 detik saat finis keempat dengan mobil listrik purwarupa Audi, tetapi masih mempertahankan posisinya di puncak dengan keunggulan 19 menit dari Loeb yang naik ke peringkat dua.

"Hari ini cukup sulit, terutama navigasinya," kata Sainz.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Loeb bayangi Sainz setelah menangi etape tujuh Dakar 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024