PM Netanyahu bantah bertukar tahanan dengan Hamas

id Netanyahu,Hamas,tahanan

PM Netanyahu bantah bertukar tahanan dengan Hamas

Arsip foto - PM Israel Benjamin Netanyahu. ANTARA/Anadolu

Yerusalem (ANTARA) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin (29/1) membantah laporan yang menyebutkan kesepakatan tercapai soal pertukaran tahanan dengan Hamas.

Media Israel sebelumnya melaporkan bahwa kesepakatan gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas kemungkinan sudah tercapai. 

"Laporan mengenai kesepakatan adalah tidak benar. Kami masih meneruskan (serangan) sampai mencapai kemenangan total," demikian dinyatakan kantor Netanyahu.

Sebelumnya, Israeli Channel 13 melaporkan bahwa Tel Aviv mencapai kesepakatan terkait bantuan kemanusiaan, yang termasuk pembebasan wanita, orang tua, dan mereka yang terluka yang disandera Hamas, tapi tidak termasuk tentara atau anak-anak muda.

Sebalilknya, Israel akan melepaskan ratusan tahanan warga Palestina dari penjara Israel, termasuk mereka yang diduga membunuh warga Israel, menurut laporan tersebut.

Menurut stasiun berita itu, Israel juga akan menghentikan serangan sampai dua bulan, tanpa adanya komitmen untuk mengakhiri perang.

Pihak Hamas belum mengeluarkan pernyataan mengenai pernyataan Netanyahu tersebut.

Qatar pada Minggu (28/1) menyatakan bahwa terdapat kemajuan dalam pembicaraan mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza.

Sementara itu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby juga menggambarkan pembicaraan yang sedang berlangsung sebagai hal yang “konstruktif.”


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Netanyahu bantah akan tukar tahanan dengan Hamas