Efektif, aksi boikot produk terafiliasi Israel di Indonesia

id Gerbang pronas, YKMI, produk israel

Efektif, aksi boikot produk terafiliasi Israel di Indonesia

Ilustrasi - Sejumlah pengunjukrasa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pontianak menyaksikan pembakaran replika bendera Israel, saat berunjukrasa mengutuk keras serangan agresi Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, di Bundaran Digulis, Pontianak, Kalbar, Kamis (22/11). (ANTARAFOTO/Jessica Helena Wuysang/ss/nz/12)

Jakarta (ANTARA) -
Gerbang Kebangkitan Produk Nasional (Pronas) dan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) menyatakan aksi boikot produk terafiliasi Israel efektif dan menjadi titik berkembangnya produk-produk dalam negeri.
 
"Upaya menggunakan produk lokal terjadi pada masyarakat dan konsumen kita. Itu juga membuktikan segala bentuk kampanye anti produk Israel yang dilakukan oleh banyak pihak, sangat efektif dan berhasil," ujar Ketua Gerbang Pronas Fuad Adnan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
 
Gerbang Pronas menyoroti hasil survei yang dilakukan Indonesia Halal Watch. Halal Watch melaporkan dari 700 responden dari Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya sebanyak 87 persennya setuju atas Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina. Mereka disebut-sebut mulai selektif saat membeli sebuah produk.
 
Fuad menyebut hasil survei tersebut juga disebabkan oleh manuver kampanye yang dilakukan banyak masyarakat sipil.
 
Aksi mereka dalam menjelaskan keterkaitan produk-produk terafiliasi Israel, membuat masyarakat peduli dan sadar untuk menggunakan produk-produk lokal-nasional.
 
“Dan, tentu saja, hasil survei Halal Watch tersebut adalah efek dari kampanye yang dilakukan oleh organisasi Islam dan masyarakat sipil. Mereka mampu menjelaskan secara utuh produk-produk mana yang terafiliasi dengan Israel," katanya.
 
Sementara itu, aktivis YKMI Megel Jekson menilai konsumen Muslim di Indonesia mulai berani mengambil tindakan tegas untuk berkontribusi menghentikan agresi Israel.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gerbang Pronas sebut boikot produk terafiliasi Israel efektif
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024