Sentimen global masih pengaruhi harga kripto

id Bappebti,Bitcoin,Kripto,Indodax

Sentimen global masih pengaruhi harga kripto

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tirta Karma Sanjaya dan Direktur Utama Indodax Oscar Darmawan dalam acara Talk Show tentang Ekosistem Kripto oleh Indodax di Jakarta, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Bayu Saptura

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tirta Karma Senjaya menilai harga kripto saat ini masih dipengaruhi oleh sentimen global.

Menurutnya, beberapa faktor yang memengaruhi harga kripto saat ini adalah suku bunga AS dan regulasi AS kepada industri kripto.

"Misalnya, AS menaikkan suku bunga, Bitcoin akan bergerak, kalau Bitcoin bergerak, kripto lainnya juga bergerak. SEC (Securities and Exchange Commission) menetapkan ETF Bitcoin dan mengincar exchanger itu juga berpengaruh pada perkembangan kripto termasuk harganya," kata Tirta dalam acara Talk Show tentang Ekosistem Kripto oleh Indodax di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga Bitcoin (BTC) hari ini kembali menguat. Saat ini, harga Bitcoin berada di level 54.621 dolar AS atau setara dengan Rp853,9 juta per 1 Bitcoin.

"Kripto sifatnya global karena sumbernya global dan pergerakannya global. Jadi istilahnya harga referensi harga global, tidak ada pedagang yang menawarkan harga sendiri," jelas Tirta.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappebti nilai harga kripto masih dipengaruhi sentimen global