Kemenag rilis buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam

id Ensiklopedia seni budaya islam, peluncuran buku,Kemenag

Kemenag rilis buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki (kanan) dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (kiri) saat meluncurkan buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam di Jakarta, Rabu (28/2/2024). (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama meluncurkan buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam sebagai upaya menghargai kekayaan warisan budaya Islam di Nusantara.
 
Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan ensiklopedia ini dapat menjadi rujukan masyarakat berbagai kalangan untuk mendalami lebih jauh tentang kearifan para pendahulu bangsa dalam meramu kehidupan.
 
"Ensiklopedia ini bukan hanya sebagai sumber referensi, tetapi juga sebagai wujud komitmen kita untuk mewarisi dan meneruskan nilai-nilai luhur yang telah ditinggalkan oleh para pendahulu kita," kata Wamenag seusai peluncuran buku di Jakarta, Rabu.
 
Menurutnya, melalui buku itu, masyarakat dapat memperkuat identitas keislaman sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas bangsa Indonesia.


 
 
Direktur Penerangan Agama Islam Ahmad Zayadi mengatakan perspektif seni budaya dalam memahami ajaran Islam merupakan hal yang penting. Dengan perspektif ini, wajah Islam akan lebih dominan menampakkan sisi keindahan dan harmoni dengan kearifan lokal.
 
"Islam sangat menghargai dan memandang seni budaya sebagai proses dan eksistensi hidup manusia. Jadi, dalam perspektif Islam, seni budaya bukan hanya sekadar ekspresi artistik, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan kehidupan," kata dia.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag luncurkan buku Ensiklopedia Seni Budaya Islam
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024