India pulangkan warga Myanmar melarikan diri

id India,Myanmar,konflik etnis

India pulangkan warga Myanmar  melarikan diri

Arsip - Seorang pria mendorong gerobak melewati Lapangan Rakyat di Yangon, Myanmar, 4 Februari 2021. (Xinhua/Zhang Dongqiang)

New Delhi (ANTARA) - India akan terus memulangkan warga negara Myanmar yang melarikan diri ke wilayahnya untuk menghindari konflik etnis di Myanmar, menurut sejumlah pejabat pada Sabtu (9/3).

Pada Jumat, gelombang pertama warga Myanmar yang masuk ke India "secara ilegal" dideportasi, kata kepala menteri Negara Bagian Manipur, Biren Singh.

"Jumlahnya banyak sekali, jadi kami tidak bisa memulangkan (mereka) semua sekaligus. Jadi, sedikit demi sedikit, kami melakukan deportasi dan ada beberapa prosedur hukum yang perlu kami ambil... kami mengikuti (prosedur) tersebut," kata Singh kepada wartawan di Manipur pada Sabtu. 

Dia menambahkan bahwa deportasi warga Myanmar akan terus dilanjutkan.

Ratusan orang, termasuk petugas keamanan, dari Myanmar, yang terjebak dalam konflik etnis di negara itu, telah melarikan diri ke India dan Bangladesh.

Sebanyak 6.746 warga Myanmar yang telah menyeberangi perbatasan "secara ilegal" telah terdeteksi di negara bagian India itu mulai 3 Mei 2023 sampai 7 Februari tahun ini, menurut para pejabat.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: India akan terus pulangkan warga Myanmar yang melarikan diri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024