Bantuan makanan korban banjir di Semarang, Jateng, bergizi

id banjir,banjir semarang,rob semarang,dapur umum,korban banjir,posko banjir,wali kota semarang,walikota semarang,hevearita

Bantuan makanan korban banjir di Semarang, Jateng, bergizi

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat membantu membungkus nasi untuk korban banjir di Dapur Umum Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Sabtu (16/3/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang memastikan bantuan makanan siap santap yang diberikan kepada para korban banjir di sejumlah kecamatan memiliki kandungan nilai gizi yang cukup.

"Semua makanan sehat, ada sayur mayur, telur, malah ada daging dan ayam. Jadi, lebih ke menu sehat," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat meninjau dapur umum banjir di Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Ita, sapaan akrab Hevearita juga menyempatkan melihat langsung proses memasak dan memastikan makanan yang diberikan kepada warga terdampak banjir terpenuhi nilai gizinya.

Setelah itu, orang nomor satu di Kota Semarang itu ikut membantu membungkus nasi bersama para relawan dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Semarang Utara.

Meskipun makanan yang dibagikan adalah siap santap, kata dia, tetap memperhatikan nilai gizi yang dibutuhkan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

"Hari ini dari Kemensos juga 'nge-drop' sayur mayur, juga makanan sehat," katanya.



Mengenai kesehatan, ia juga telah meminta Dinas Kesehatan Kota Semarang menginventarisasi dan mendirikan posko kesehatan untuk mengantisipasi munculnya penyakit seiring banjir.

Menurut dia, pascabanjir dimungkinkan akan banyak penyakit yang mulai dikeluhkan masyarakat, seperti diare, penyakit kulit, atau leptospirosis sehingga Dinkes harus siap siaga.

"Saya juga minta agar memobilisasi Damkar dan tangki air bersih. Biasanya masyarakat butuh untuk menyemprot wilayah-wilayah terkena banjir," katanya..

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Semarang pastikan bantuan makanan korban banjir bergizi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024