Menparekraf-MUI perluas ekonomi pariwisata halal di Indonesia

id Menparekraf,Kemenparekraf,MUI,Pariwisata halal

Menparekraf-MUI perluas ekonomi pariwisata halal di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (ketika kiri), Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas (ketiga kanan), dalam penandatanganan notakesepahaman pengembangan paraiwisata halal di Jakarta, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif halal.

“Hari ini kami menandatangani kerja sama kesepahaman dengan MUI. Kami dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan butuh bimbingan dari MUI terutama karena pariwisata dan ekonomi kreatif ini berkembangnya cukup cepat,” kata Sandiaga di Jakarta, Selasa.

Penandatanganan kerja sama tersebut sebagai sinergi dalam meningkatkan pengembangan parekraf dan ekonomi keumatan, khususnya pada pengembangan pariwisata halal dan wisata religi melalui peningkatan kapasitas sumber daya, pertukaran informasi dan kegiatan yang bisa dikolaborasikan bersama.

 

Sandiaga menyampaikan sebelumnya pihaknya sudah rutin melakukan konsultasi terkait isu isu terkini kepada MUI berkaitan dengan pariwisata halal dan ekonomi kreatif. Semua hasil konsultasi dan masukan dari MIU telah diimplementasikan oleh Kemenparekraf.

Hanya saja, lanjut Sandiaga, penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan tersebut merupakan bentuk kerja sama secara formal untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif halal. MUI akan memberikan saran dan masukan terkait kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh Kemenparekraf.

“Jadi setiap ada kebijakan maupun pandangan pandangan MUI yang sesuai dengan Islam yang 'rahmatan lil alamin', kita harus aplikasikan untuk kepentingan, karena ekonomi kita ini kan disusun dengan prinsip kebersamaan dan kekeluargaan,” ucap Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga masukan dan saran dari MUI sangat dibutuhkan terutama dalam pengembangan pariwisata ekonomi kreatif.
 

Dia berharap kerja sama tersebut bisa membuka peluang usaha, menciptakan lapangan kerja khususnya bagi pelaku UMKM dan ketika Indonesia sudah dinobatkan menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia, hal tersebut bisa dipertahankan.
 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (tengah), Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas (kanan), memberi keterangan usai penandatanganan notakesepahaman pengembangan paraiwisata halal di Jakarta, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Harianto

 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf gandeng MUI kembangkan ekonomi pariwisata halal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024