Kawasan wisata Chinatown dengan Pasar Jaya tarik wisatawan

id Chinatown

Kawasan wisata Chinatown dengan Pasar Jaya tarik wisatawan

Arsip foto - Sejumlah pekerja beraktivitas pada proyek revitalisasi dan pelebaran trotoar di Jl Pancoran, Glodok, Jakarta, Jumat (21/7/2023). Trotoar yang selama ini menjadi tempat bagi parkir liar dan pedagang kaki lima tersebut ditata dan dilebarkan untuk jalur pedestrian yang layak. ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menyatukan kawasan Chinatown di Glodok, Tamansari, Jakarta Barat dengan Pasar Jaya untuk mewujudkan kawasan wisata yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat, Indra Patrianto menyebutkan penyatuan kawasan itu merupakan kelanjutan dari penataan kawasan Chinatown yang rampung pada 2023

"Penataan kawasan sebenarnya sudah selesai, tinggal beberapa pekerjaan rumah untuk menyatukan Pasar Jaya, dengan Chinatown," kata Indra saat ditemui di Jakarta pada Rabu.

Indra mengatakan  Pasar Jaya masuk dalam lingkup wilayah Chinatown, namun masih dipagar. Hal tersebut kini sedang dikoordinasikan  dengan pihak Pasar Jaya.

"Yang jadi pekerjaan rumah adalah Pasar Jaya. Pasar Jaya itu masih masuk dalam lingkup Chinatown tapi mereka masih dipagar. Kita sudah koordinasi dengan Pasar Jaya agar bagaimana caranya pagar bisa dilepas sehingga bisa menyatu dengan Chinatown," kata Indra.

Dengan dibukanya pagar Pasar Jaya, Indra menyebut setidaknya akan ada tiga kantong parkir di kawasan Chinatown, termasuk lahan parkir Pasar Jaya.

"Jadi lahan parkir kan ada tiga kalau enggak salah ya. Ada di Petak Sembilan, kemudian Gloria di bagian belakang, kemudian nanti juga di lahan parkir Pasar Jaya. Jadi nanti tidak ada lagi yang parkir di jalan," kata Indra.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat menyiapkan integrasi Kawasan Pancoran, Glodok, Taman Sari atau Chinatown dengan kawasan Kota Tua.

Persiapan integrasi tersebut menyusul pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di depan gerbang Chinatown yang diikuti pembangunan trotoar menuju Kota Tua.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Jakbar satukan kawasan wisata Chinatown dengan Pasar Jaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024