Baterai dalam negeri turunkan harga mobil listrik 30 persen

id Menperin, mobil listrik, baterai mobil listrik

Baterai dalam negeri turunkan harga mobil listrik 30 persen

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (28/3/2024). ANTARA/Muzdaffar Fauzan

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dengan memproduksi baterai mobil listrik (electric vehicle/EV) di dalam negeri, maka bisa mengurangi harga kendaraan tersebut hingga 30 persen.

"Saya kira akan ada penurunan 20-30 persen dari harga mobil EV," kata Menperin Agus di Jakarta, Kamis.

Dirinya mengatakan secara komponen, harga baterai mobil listrik cukup mahal karena berkisar 40-50 persen dari total harga mobil listrik yang dijual.

Dengan demikian, dengan memproduksi baterai dalam negeri, secara langsung dapat memangkas harga jual mobil ramah lingkungan tersebut.

Lebih lanjut, Menperin mengatakan selain dapat memotong harga jual dari mobil listrik, dengan memproduksi baterai produksi dalam negeri juga turut meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Hal tersebut, menurutnya, dapat menaikkan minat investor untuk mau berinvestasi di Indonesia.

"Kalau baterainya sudah kita produksi, industri dalam negerinya sudah memproduksi baterai, nanti yang pertama nilai TKDN kita akan semakin tinggi, insya Allah nanti akan justru menarik investasi-investasi," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Produksi baterai dalam negeri turunkan harga mobil listrik 30 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024