Sleman menggelar lomba Kalurahan Inovatif untuk tingkatkan kesejahteraan

id Lomba Kalurahan Inovatif ,Kabupaten Sleman ,Bupati Sleman

Sleman menggelar lomba Kalurahan Inovatif untuk tingkatkan kesejahteraan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau gerai pelayanan publik dan gerai UMKM pada lomba Kalurahan Inovatif 2024 di Kantor Kalurahan Bangunkerto, Turi, Sleman, DIY, Selasa (23/4/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Lomba Kalurahan Inovatif 2024 sebagai upaya dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian masyarakat dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan.

Penilaian pertama oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Kantor Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon (Kecamatan) Turi, Selasa.

Bupati Sleman hadir meninjau gerai simulasi pelayanan masyarakat hingga gerai UMKM, sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat dengan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Sleman Samsul Bakri.

"Kegiatan ini memang ditujukan untuk membangun kemandirian masyarakat. Dengan memahami kondisi lingkungannya, diharapkan masyarakat dapat berinovasi dan mandiri dalam memajukan kalurahannya," kata Kustini.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian masyarakat dalam membangun kalurahan.

"Selain meningkatkan kreativitas dan kemandirian kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dengan adanya lomba ini, dia berharap akan lahir ide-ide baru yang dapat mendukung peningkatan pada aspek perekonomian, kesehatan, hingga sosial.

"Namun, masyarakat mengikuti kegiatan ini tidak sekadar untuk perlombaan, tetapi untuk peningkatan kualitas pada masing-masing kalurahan. Mari upayakan bersama sebagai motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan bersama sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih luas," katanya.

Lomba Kalurahan Inovatif 2024 dilaksanakan di 17 kapanewon. Kegiatan mulai d22 April hingga 30 Mei 2024.

Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp150 juta, pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp100 juta, dan pemenang ketiga mendapatkan hadiah Rp50 juta.

Kepala Dinas PMK Kabupaten Sleman Samsul Bakri mengatakan bahwa target lomba kalurahan inovatif ini bagi semua kalurahan untuk selalu mengembangkan inovasi dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan, hingga pelayanan publik.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024