Banteng Yogyakarta siap laksanakan perintah Megawati di Rakernas PDIP

id Eko Suwanto,DPRD DIY

Banteng Yogyakarta siap laksanakan perintah Megawati di Rakernas PDIP

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menghadiri Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024) (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Menyambut pelaksanaan Rapat Kerja Nasional ke-5 di Jakarta, seluruh Banteng Yogyakarta menyatakan siap melaksanakan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

"Banteng Jogja siap menyimak dan menjalankan perintah Ketua Unum, Ibu Megawati Soekarnoputri. Sesuai arahan DPP PDI Perjuangan kita siap ikuti dengan hikmat seluruh rangkaian Rakernas V di Jakarta," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan, Jumat, 24/2024.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menyatakan  sesuai tema besar "Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran,"  Rakernas V, berlangsung di Ancol, Jakarta Utara, 24-26 Mei 2024 diikuti oleh 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai.

Rakernas PDI Perjuangan dihadiri juga Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

"Mengutip kalimat Ibu Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan berpesan Satyam Eva Jayate. Percaya bahwa kebenaran akan menang, kita yakini itu berlaku nyata. Apa yang  diperintahkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan sebagai kader kita jelas akan terus turun kebawah, bergerak bersama rakyat berjuang wujudkan kesejahteraan rakyat, membahagiakan hatinya rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Seperti diketahui, di Rakernas V PDI Perjuangan seremonial nya telah  diawali dengan prosesi menggelorakan semangat juang melalui "Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam," yang dimulai pada Jumat, 17 Mei 2024, dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. 

Api perjuangan menempuh perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak total 526 km.

Sesuai agenda, Rakernas V  menjadi momentum untuk mengevaluasi hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2024, serta merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi Pilkada serentak, dinamika politik nasional dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat.   

Rakernas akan membahas strategi pemenangan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada November 2024.

"Banteng Jogja siap bekerja dan bersama rakyat untuk jalankan keputusan rakernas termasuk jalankan strategi memenangkan pilkada pada November 2024 mendatang," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.