11 ribu warga Palestina harus dievakuasi medis darurat

id Palestina, Evakuasi, Medis, WHO

11 ribu warga Palestina harus dievakuasi medis darurat

Warga Palestina berjalan di antara puing-puing bangunan yang hancur saat mereka kembali ke rumah setelah pasukan Israel mundur dari Jabalia, Gaza pada 02 Juni 2024. (ANTARA/Anadolu/ Dawoud Abo Alkas /pri.)

Jenewa (ANTARA) - Sedikitnya 7 ribu hingga lebih dari 11 ribu pasien Palestina membutuhkan evakuasi medis darurat, kata pejabat di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa.

Angka itu ditunjukkan oleh Hanan Balkhy, direktur regional WHO untuk Mediterania Timur, dalam pertemuan di Jenewa dengan Asosiasi Koresponden Terakreditasi untuk PBB.

Balkhy mengatakan bahwa pasien-pasien yang membutuhkan evakuasi tersebut diharuskan untuk menerima pengobatan di rumah sakit khusus.

Dia juga menggarisbawahi efek berantai yang "signifikan" terhadap Mesir, Lebanon, dan Suriah sebagai negara tetangga yang langsung berdekatan dengan wilayah Palestina yang diduduki.

"Jika Anda berbicara tentang perlunya tidak meninggalkan seorang pun, kami telah meninggalkan banyak orang di Gaza, dan itu terjadi ketika ada tekanan terhadap sistem kesehatan yang sudah rapuh di negara-negara tetangga," katanya.

"Jadi, kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan," tambahnya.

"Jika kita tidak mencapai perdamaian, ini akan menjadi situasi yang sangat menantang. Kami membutuhkan perdamaian di dalam perbatasan agar (akses terhadap kesehatan) bisa terbuka," katanya.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: WHO: 7-11 ribu warga Palestina butuh evakuasi medis darurat