KPU Sleman sebut pemilih potensial Pilkada 2024 capai 854.654 orang

id KPU Sleman ,Pemilihan Bupati Sleman ,Pemilu Bupati,Pilkada Sleman

KPU Sleman sebut pemilih potensial Pilkada 2024 capai  854.654 orang

Arsip- KPU Sleman meluncurkan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2024 di Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (15/6/2024). ANTARA/HO-Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut daftar penduduk potensial pemilih (DP4) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2024 berjumlah sekitar 854.654 orang.

"Dari jumlah tersebut nantinya akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT)," kata Komisioner KPU Sleman Huda Al Amna di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, untuk pelaksanaan coklit akan dilaksanakan mulai 24 Juni 2024 yang akan dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) secara langsung di masyarakat dengan metode dari pintu ke pintu.

"Nantinya pantarlih akan melakukan coklit secara langsung dari pintu ke pintu di wilayah masing-masing secara serentak," katanya.

Ia mengatakan, seluruh pemilih potensial ini akan dilakukan coklit agar mendapatkan hak dan jaminan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 yang dilaksanakan pada November 2024.

Huda yang mengampu Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Sleman ini mengatakan bahwa jumlah petugas pantarlih yang melakukan coklit di Sleman sebanyak 3.000 orang.

"Saat ini proses pembentukan pantarlih sudah mendekati akhir. Dalam pembentukan pantarlih, kami mengutamakan ketrampilan dalam penggunaan teknologi informatika serta kepemilikan gawai yang kompatibel," katanya.

Ia mengatakan, proses rekrutmen pantarlih ini tidak ada seleksi tertulis maupun wawancara dan dilakukan penelitian kelengkapan persyaratan dokumen administrasi.

"Pendaftar yang terpilih menjadi pantarlih akan diumumkan pada 22 Juni. Saat ini sedang dilakukan tahap penelitian administrasi pendaftar pantarlih," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024