Kesbangpol Sleman selenggarakan TOT pelatih Paskibraka

id Paskibraka Sleman ,Badan Kesbangpol Sleman ,Pelatihan Paskibraka Sleman

Kesbangpol Sleman selenggarakan TOT pelatih Paskibraka

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Indra Darmawan saat memberikan arahan pada TOT pelatih Paskibraka Kabupaten Sleman di Sleman, Kamis (4/7/2024). ANTARA/HO-Badan Kesbangpol Sleman

Sleman (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan "Training Of Trainier" (TOT) pelatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih untuk Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

"TOT diikuti pelatih dari unsur TNI dan Polri serta pendamping dari unsur Purna Parskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sleman ini telah dilaksanakan pada Kamis (4/7)," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Indra Darmawan di Sleman, Jumat.

Menurut dia, tahun ini untuk pertama kalinya Badan Kesbangpol Sleman mendapat tugas dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam pembentukan Paskibraka yang tahun-tahun sebelumnya di bawah Dinas Pemuda dan Olah Raga.

"Tanggung jawab ini tentu saja harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar berhasil membentuk Tim Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka merah putih pada Peringatan HUT Kemerdekaan ke 79 RI," katanya.

Ia mengatakan, berbeda dengan sebelumnya Paskibraka sejak 2023 diberi tugas tambahan mengibarkan Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan setelah itu akan dikukuhkan menjadi Duta Pancasila dengan melalui uji kompetensi yang dilaksanakan oleh BPIP Pusat.

"Dengan demikian saat ini tugas Paskibraka menjadi semakin berat akan menjadi Duta Pancasila yang tentu akan menjadi suri tauladan dan panutan dalam bagaimana pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat," katanya.

Indra mengatakan, untuk itu pelatih Paskubraka benar-benar disiapkan untuk dapat membentuk Paskibraka Kabupaten Sleman, sekaligus kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila yang dilaksanakan melalui pembinaan kepemimpinan, keterampilan dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan melalui putra putri terbaik bangsa.

"Materi TOT meliputi PBB dari Kodim 0732 Sleman dan Polresta Sleman, dan Teknis Program Pelatihan Paskibraka dari Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Sleman," katanya.

Ia mengatakan, Formasi Paskibraka 2024 sejumlah 75 anak sekolah SMA/SMK/MA, Kelas X dan pelatihan akan dilaksanakan selama 21 hari yang akan dimulai Sabtu (6/7) di lapangan Pemda Sleman.

"Sedangkan latihan fisik dan PBB dan formasi akan dilaksanakan di Lapangan Denggung tempat yang akan digunakan untuk Upacara Detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera Pusaka Merah Putih," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024