201 orang di Bangladesh meninggal, akibat protes mahasiswa

id Korban tewas, Protes mahasiswa, Bangladesh

201 orang di Bangladesh meninggal, akibat protes mahasiswa

Ilustrasi, Bendera Bangladesh (Istimewa)

Dhaka (ANTARA) - Jumlah korban tewas akibat protes mahasiswa di Bangladesh meningkat menjadi 201 pada Kamis, dengan penambahan empat orang tewas di ibu kota Dhaka dan daerah sekitarnya, menurut beberapa pejabat dan media setempat.

Peningkatan jumlah korban itu terjadi saat tindakan keras terhadap pihak-pihak oposisi semakin meningkat.

Pemberlakuan jam malam, dan pengerahan militer yang mulai berlaku pada Sabtu terus berlanjut, dengan jeda dari pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore waktu setempat.

Perkantoran dan industri kembali beroperasi pada Rabu selama periode jeda yang sama, menurut pengumuman pemerintah.

Sebelumnya, Menteri Hukum Anisul Haq mengatakan jam malam akan dicabut secara bertahap dengan mempertimbangkan situasi.



Inspektur Bachchu Mia, yang bertanggung jawab di pos kepolisian di Dhaka Medical College and Hospital (DMCH), mengonfirmasi kepada Anadolu tentang tiga kematian baru pada Rabu malam. Sementara, lebih banyak orang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, katanya.

Satu orang lagi meninggal di Savar di pinggiran ibu kota pada hari yang sama.

Dengan kematian empat orang tersebut, jumlah korban bertambah menjadi 201. Sebagian besar korban meninggal karena luka tembak, menurut laporan surat kabar nasional Prothom Alo pada Kamis.

Anjuman Mufidul Islam, sebuah organisasi kesejahteraan setempat yang menyediakan layanan pemakaman bagi umat Islam, menguburkan 21 jenazah.

Dalam tiga hari terakhir, polisi menyerahkan jasad 21 korban kepada organisasi tersebut, termasuk dari DMCH selama protes terjadi, kata pejabat organisasi itu, Kamrul Ahmed, kepada Anadolu.

"Kami telah mengubur jenazah-jenazah tersebut. Kami melakukan pekerjaan itu sebagai pekerjaan rutin. Polisi menyimpan sampel DNA dan rincian lain untuk catatan dan klaim di masa mendatang," tambahnya.


Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korban tewas akibat protes mahasiswa di Bangladesh meningkat jadi 201