Tokopedia dan ShopTokopedia rekomendasikan brand lokal untuk rayakan HUT Ke-79 Jawa Tengah

id tokopedia

Tokopedia dan ShopTokopedia rekomendasikan brand lokal untuk rayakan HUT Ke-79 Jawa Tengah

Tokopedia dan ShopTokopedia merekomendasikan sejumlah produk UMKM Jawa Tengah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Provinsi Jawa Tengah (ANTARA/HO-Tokopedia)

Yogyakarta (ANTARA) - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Provinsi Jawa Tengah, Senin, Tokopedia dan ShopTokopedia merekomendasikan sejumlah produk UMKM Jawa Tengah. Sederet produk dari brand asal Jawa Tengah ini dapat ditemukan dengan mudah dan terjangkau melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia.

"Sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang sebagian besar UMKM, termasuk yang berasal dari Jawa Tengah. Beli Lokal merupakan wujud komitmen Tokopedia dan ShopTokopedia dalam membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, meningkatkan visibilitas dan penjualan, serta mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk dari UMKM lokal," kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.

"Secara umum, kami melihat animo masyarakat Jawa Tengah dalam berbelanja online melalui Tokopedia terus meningkat. Tokopedia mencatat sejumlah produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di wilayah Jawa Tengah, antara lain: produk ibu dan bayi, fashion muslim, dan produk kecantikan, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat pada periode semester I 2024 dibandingkan semester II 2023. Artinya, produk-produk tersebut makin dibutuhkan oleh masyarakat di Jawa Tengah," kata Antonia.

Selama periode yang sama, khusus di halaman Beli Lokal di Tokopedia pada wilayah Jawa Tengah, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yaitu aksesoris sepatu, celana, dan hadiah, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 4,5 kali lipat. Di sisi lain, Kendal, Sragen, dan Wonogiri menjadi sejumlah wilayah di Jawa Tengah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui Tokopedia, rata-rata hampir 8 kali lipat.

"Kami juga melihat peningkatan animo masyarakat Jawa Tengah dalam belanja online melalui ShopTokopedia. ShopTokopedia mencatat sejumlah produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di wilayah Jawa Tengah, antara lain women's special clothing (contoh: pakaian adat), perlengkapan barbecue, dan peralatan kamar mandi, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 2,5 kali lipat pada periode kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024," ujar Antonia.

Kemudian Jepara, Demak, dan Grobogan menjadi sejumlah wilayah di Jawa Tengah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui ShopTokopedia, rata-rata hampir 1,5 kali lipat. Di sisi lain, menurut data rata- rata harian saat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia pada April 2024 dibandingkan Juli 2024, perlengkapan renovasi rumah, perlengkapan olahraga dan aktivitas luar ruangan, serta fesyen anak, menjadi beberapa produk dari penjual di halaman Beli Lokal ShopTokopedia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, rata-rata hampir 2 kali lipat.

"Di usia ke-79 ini, Jawa Tengah patut berbangga karena memiliki sederet brand lokal berkualitas yang menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Di sisi lain, membeli dan memakai produk lokal termasuk dari Jawa Tengah bisa membantu UMKM mempertahankan eksistensi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," kata Antonia.

Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan produk-produk lokal dari brand asal Jawa Tengah di Tokopedia dan ShopTokopedia melalui halaman kampanye Beli Lokal. "Kampanye ini ditujukan untuk membantu brand lokal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk Jawa Tengah meningkatkan eksposur serta penjualan. Beli Lokal bisa ditemukan di platform Tokopedia maupun ShopTokopedia," tutur Antonia.