Norwegia mengutuk Israel untuk bangun sinagoge di kompleks Al-Aqsa

id Kompleks Masjid Al-Aqsa,Yerusalem Timur,Israel,Palestina,Norwegia

Norwegia mengutuk Israel untuk bangun sinagoge di kompleks Al-Aqsa

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide, Rabu (28/8), mengecam pemimpin keamanan Israel Itamar Ben-Gvir untuk membangun sinagoge di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa di daerah pendudukan Yerusalem Timur/ANTARA/Anadolu/PY

London (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide, Rabu (28/8), mengecam pemimpin keamanan Israel Itamar Ben-Gvir untuk membangun sinagoge di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa di daerah pendudukan Yerusalem Timur.

"Norwegia sangat menentang pernyataan terbaru Menteri Keamanan Israel Itamar Ben-Gvir, bahwa dia ingin membangun sinagoge di Haram al-Sharif/Bukit Bait Suci," kata Eide dalam sebuah pernyataan.

"Provokasi ini bergabung dengan serangkaian pernyataan dan tindakan yang tidak dapat diterima oleh Menteri (Israel), yang bertujuan untuk mengubah status quo historis di Yerusalem dan memicu ketegangan di saat kawasan itu sangat membutuhkan yang sebaliknya," tambahnya.

Menlu Norwegia tersebut menekankan bahwa semua perhatian sekarang harus difokuskan pada gencatan senjata di Jalur Gaza, pembebasan sandera, dan de-eskalasi, termasuk di Yerusalem Timur dan Tepi Barat.

"Norwegia mengharapkan semua pihak untuk mematuhi status quo untuk tempat-tempat suci di Yerusalem dan perwalian Yordania," desak Eide.



Sumber: Anadolu-OANA

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Norwegia kecam seruan Israel untuk bangun sinagoge di kompleks Al-Aqsa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024