BSKJI Kemenperin sebut industri membutuhkan layanan yang cepat dan akurat

id BSKJI Kemenperin ,Layanan jasa industri ,Perkembangan industri

BSKJI Kemenperin sebut industri membutuhkan layanan yang cepat dan akurat

Kepala Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik (BBSPJIKKP) BSKJI Kemenperin Jagung Eko Pawoko (ANTARA/HO-Dok BSKJI Kemenperin)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan bahwa industri membutuhkan layanan yang cepat, akurat, tertelusur, dan responsif karena hal itu akan berpengaruh pada produktivitas.

"Maka seluruh penyedia layanan jasa industri, termasuk BBSPJIKKP (Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik) harus adaptif terhadap kebutuhan industri tersebut," kata Kepala BSKJI Kemenperin Andi Rizaldi dalam keterangannya yang diterima di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, jasa industri berperan strategis sebagai enabler bagi pengembangan industri secara efektif, efisien, integrator, dan komprehensif, serta mampu menunjang kegiatan sektor industri manufaktur untuk memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035, jasa industri merupakan salah satu sektor pendukung dalam membangun industri nasional.

Oleh karena itu, BSKJI terus menekankan satuan kerja di bawahnya yang memiliki tugas menyediakan layanan jasa industri yaitu BBSPJIKKP untuk terus meningkatkan layanannya dan berinovasi guna mendukung industri nasional.

Salah satu upaya meningkatkan layanan kepada industri, BBSPJIKKP melakukan rebranding dengan peluncuran website baru yang diberi nama Jogja Industrial Services (JIS) dan peluncuran Portal Layanan dan Informasi Terintegrasi (Polimer) beberapa waktu lalu.

"JIS dan Polimer adalah transformasi bisnis institusi pemerintah yang sebelumnya identik dengan kerumitan birokrasi, menjadi sebuah entitas Badan Layanan Umum (BLU) yang lincah, cepat, dan mudah. Keduanya memiliki tujuan meningkatkan layanan dan interaksi digital dengan pelanggan," katanya.

Sementara itu, Kepala BBSPJIKKP Hagung Eko Pawoko mengatakan, fitur unggulan yang dihadirkan bagi pelanggan dalam portal layanan itu adalah Single Sign-On (SSO), Online Order, Menu Payments, Quick Tracking, Digital Documents, Quick Response, dan Statistic Menu.

Melalui website dan portal layanan tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan bagi industri, hal itu sejalan dengan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

"Dengan adanya JIS dan Polimer, pelayanan kami ke industri akan semakin cepat dan akurat sehingga industri akan semakin cepat mendapatkan kepastian akan kualitas produknya," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSKJI Kemenperin sebut industri butuh layanan yang cepat dan akurat
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024