AU-USPACAF akan adakan latihan "Pacific Angel"

id au-uspacaf akan adakan latihan

AU-USPACAF akan adakan latihan "Pacific Angel"

TNI Angkatan Udara

Jogja (ANTARA Jogja) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara dan United State Pacific Air Force akan mengadakan latihan bersama bertajuk "Pacific Angel" di Yogyakarta, 22-28 April 2013.

"Latihan bersama di bidang `engineering capacity` dan `medical capacity` itu bertujuan untuk membina hubungan baik kedua negara sekaligus latihan pertukaran informasi," kata Wakil Direktur Latihan "Pacific Angel" Kolonel Kes Frits MR di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia saat bertemu Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam IX, sesuai dengan hasil survei beberapa waktu lalu, tempat yang akan digunakan untuk latihan bersama "medical capacity" adalah Balai Desa Madurejo.

Latihan bersama "engineering capacity" dipusatkan di Puskesmas Induk Gamping 2, Puskesmas Pembantu Trihanggo Gamping, dan TK ABA Bleber.

"Selain melibatkan tenaga dokter dan perawat TNI, latihan bersama itu juga akan melibatkan tenaga medis dari dinas kesehatan dan universitas yang ditunjuk," kata Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (Wakaruspau) Hardjolukito itu.

Ia mengatakan dalam "medical capacity" rencananya akan dilaksanakan lima topik, yakni HIV, TBC, pola hidup bersih sehat (PHBS)), gigi, dan DHF.

"Kami berkunjung dan bertemu Paku Alam IX sebagai bahan laporan sekaligus `kulonuwun` kepada beliau bahwa Indonesia melalui TNI AU dan Uspacaf akan melaksanakan kerja sama terutama di wilayah Yogyakarta," kata.

Paku Alam IX mengatakan sangat memberikan apresiasi kepada TNI AU dan Uspacaf yang akan meluangkan pengalaman dan keterampilannya dalam kegiatan latihan bersama tersebut.

"Dengan latihan bersama itu saya berharap ke depan tugas-tugas TNI AU akan lebih baik. Apalagi setelah diadakan latihan bersama dalam rangka alih teknologi dan penangggulangan bencana tersebut," katanya.

(B015)