Jogja (Antara Jogja) - Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi lima kabupaten dan kota tercatat sebanyak 2.748.884 jiwa, kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdiri atas Kabupaten Kulon Progo sebanyak 347,216 jiwa, Bantul 716.356 jiwa, Gunung Kidul 478.838 jiwa, Sleman 883.085 jiwa, dan Kota Yogyakarta 323.389 jiwa," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Sultan saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi pada penyerahan DP4 dari gubernur kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, penyerahan DP4 merupakan bagian tahapan yang penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014.

"DP4 merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumuman daftar pemilih dementara (DPS) sampai menjadi daftar pemilih tetap (DPT)," katanya.

Ia mengatakan DP4 yang akurat merupakan perwujudan akuntabilitas dan aktualisasi dari kewajiban dan tanggung jawab moral pemerintah dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilu.

"Pemerintah dan pemerintah daerah berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu dari waktu ke waktu secara konsisten. Hal itu merupakan bagian dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi," katanya.

Menurut dia "data base" yang sudah terbangun itu harus dijaga akurasinya melalui pelayanan harian pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Hal itu, kata dia, bertujuan agar semua tambahan dan pengurangan penduduk akibat adanya lahir, meninggal, pindah, dan datang (lampid) yang dialami oleh penduduk tercatat dalam "Database Kependudukan".

"Dengan telah dilaksanakannya penyerahan DP4 tersebut kami mengimbau KPU agar segera memproses lebih lanjut tahapan pemutakhiran data pemilih penyusunan DPS sampai DPT," katanya.

(B015) 

Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar