Pendaftaran caleg PAN Gunung Kidul sepi peminat

id pendaftaran caleg pan

Pendaftaran caleg PAN Gunung Kidul sepi peminat

Partai Amanat Nasional

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan jumlah peminat untuk pencalonan anggota legislatif pada Pemilu 2014 belum mencapai 100 persen.

Wakil Sekretaris DPD PAN Gunung Kidul Anwarudin di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan minimnya caleg yang mendatfar, karena persaingan pada Pemilu Legislatif 2014 lebih berat dibandingkan Pemilu 2009.

"Sampai hari ini, jumlah bakal caleg yang telah mendaftar dan mengembalikan formulir baru mencapai 40 orang. Kuota caleg DPRD Gunung Kidul sebanyak 45 kursi, jadi masih kekurangan caleg. Padahal pendaftaran telah dibuka 18 Februari hingga 8 Maret, dan kembali diperpanjang hingga 15 Maret ini. Kami berharap masih ada yang mencalonkan diri melalui DPD PAN Gunung Kidul," kata Anwarudin.

Ia mengatakan dari 40 orang yang mendaftar, 15 orang merupakan caleg perempuan atau sudah lebih dari 30 persen seperti yang dipersyarakat dalam Undang-Undang.

"DPD PAN Gunung Kidul selalu mendorong kader maupun calon dari nonkader perempuan untuk terlibat dalam politik, dengan jalan maju menjadi caleg untuk Pemilu 2014," katanya.

Dari 45 kursi DPRD Gunung Kidul yang diperebutkan, ia mengatakan, PAN Gunung Kidul menargetkan 12 kursi atau sekitar 85.000 suara. Pada Pemilu Legislatif 2009, DPD PAN memperoleh 9 kursi atau memperoleh sekitar 62.000 suara.

"Kami tahun ini menargetkan penambahan 3 kursi di daerah pilihan (dapil) 1 yang meliputi Kecamatan Semanu, Wonosari dan Playen. Serta dapil 3 yang meliputi Kecamatan Semin, Karangmojo dan Ponjong. Target penambahan kursi sebanyak tiga kursi sangat realitis seiring ketatnya politik di Gunung Kidul," katanya.

Strategi untuk mendongkrak perolehan suara, dia mengatakan, DPD PAN Gunung Kidul telah melakukan berbagai kegiatan sosial dan pelatihan kader serta pemantapan pemenangan Pemilu.

Selain itu, kader PAN yang menjadi anggota DPRD Gunung Kidul selalu memperjuangkan kepentingan daerah pilihannya.

"Kami optimistis DPD PAN Gunung Kidul mampu memperoleh dukungan di atas 10 kursi. Sebab, hingga tingkat pedukuhan kami memiliki dua kader yang selalu siap menyosialisasikan misi dan visi PAN kepada masyarakat," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024