Panwaslu: problem awal rekapitulasi suara di TPS

id panwaslu: problem awal

Panwaslu: problem awal rekapitulasi suara di TPS

Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta Agus Triyatno (Foto Antara/Jarot)

Jogja (Antara Jogja) - Problem awal kesalahan dalam penghitungan suara pada Pemilu Legislatif 2014 di wilayah Kota Yogyakarta sebenarnya timbul saat rekapitulasi di tempat pemungutan suara, kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Yogyakarta Agus Triyatno.

"Semua itu karena data awal, banyak yang belum diperbaiki khususnya menyangkut suara tidak sah dari pemilih dan ketersediaan surat suara," kata Agus di Yogyakarta, Selasa.

Selain itu, menurut dia, juga kemampuan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara Pemilu 2014 di kota ini yang dinilai sangat minim pemahaman menyangkut regulasi pada pemungutan dan rekapitulasi suara.

"Karena itu, kami memohon nantinya SDM penyelengara pemilu di basis paling bawah harus ditingkatkan kemampuannya," kata Agus Triyatno.

Ia mengatakan pihaknya selama melakukan pemantauan rekapitulasi suara sejak tahap awal memang menemukan banyak kesalahan jumlah dalam menghitung suara, terutama di tingkat kecamatan.

Menurut dia, ada persoalan selisih suara ditemui saat proses rekapitulasi suara. Namun pihaknya juga memastikan, hal itu tidak ada unsur kesengajaan atau kecurangan.

"Kalau sampai ada kecurangan, saya rasa sangat sulit. Kami melihat semuanya berjalan sesuai ketentuan," kata Agus Triyatno.

(H008)
Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024