APJI Sleman siap perkuat sektor pariwisata

id apji sleman siap

APJI Sleman siap perkuat sektor pariwisata

Ilustrasi (Foto jogja.antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia Cabang Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan kesiapannya secara total mendukung dan memperkuat pengembangan sektor pariwisata di daerah ini, khususnya Sleman.

"Kami siap untuk bersinergi dengan pihak-pihak terkait, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Cabang Sleman Sri Wahyuni Dewi, Kamis.

Menurut dia, pihaknya mengharapkan adanya dukungan fasilitasi dari pemerintah daerah, sehingga dalam perjalanannya dapat seiring sejalan untuk secara bersama-sama memajukan sektor pariwisata.

"Pengemasan kuliner yang dilakukan secara profesional diharapkan dapat mendukung keberadaan sektor pariwisata dan memberikan warna dan kenangan tersendiri bagi wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini prospek pengembangan kuliner cukup bagus sehingga melalui sinergitas dengan sektor pariwisata akan dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

"Upaya ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Sri Wahyuni mengatakan, mengingat pengurus APJI Cabang Sleman periode 2014 - 2019 belum diresmikan, maka pihaknya meminta agar dapat diagendakan pengukuhan dan pelantikan oleh jajaran pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan bahwa jasa boga dan pariwisata merupakan komponen yang saling memperkuat satu sama lain.

"Peluang pengembangan jasa boga dan kuliner sangat terbuka luas terlebih lagi apabila dikaitkan dengan sektor pariwisata," katanya.

Ayu mengatakan, diharapkan komunitas jasa boga yang tergabung dalam komunitas APJI agar dapat meningkatkan kreatifitas dalam pengembangannya.

"Diantaranya adalah dengan memanfaatkan potensi bahan-bahan lokal yang dikemas dengan menarik dan berkualitas tinggi," katanya.

Menurut dia, Sleman memiliki potensi makanan tradisional yang cukup besar sehingga apabila dikemas secara profesional tentu akan memiliki nilai jual yang tinggi, memiliki kenangan dan menjadikan daya dukung terhadap sektor pariwisata.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024