Disbudpar targetkan 300 ribu wisatawan selama Lebaran

id disbudpar targetkan 300 ribu

Disbudpar targetkan 300 ribu wisatawan selama Lebaran

Sejumlah wisatawan menggunakan pelampung menyusuri Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Antara/Noveradika)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 300 ribu wisatawan selama libur Lebaran 2014.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan target kunjungan wisatwan selama libur tersebut terbagi menjadi dua objek yakni objek wisata pantai ditargetkan 200 ribu wisatawan dan wisata nonpantai ditargetkan mencapai 100 ribu wisatawan.

Objek wisata nonpantai seperti Goa Pindul, Air Terjun Sri Getuk, Gunung berapi purba Nglanggeran, dan Kali Suci

"Berdasarkan pengalaman lebaran tahun lalu, jumlah pengunjung sangat tinggi. Kami optimistis, target 300 ribu wisatawan akan tercapai," kata Hary.

Ia mengatakan peningkatan target ini cukup relaistis karena dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata dii Gunung Kidul. Pada lebaran tahun lalu selama libur lebaran jumlah pengunjung pantai mencapai 165 ribu pengunjung.

Untuk memberikan rasa nyaman dan hiburan kepada pengunjung, lanjuta Hary, pihaknya akan menggelar berbagai acara hiburan kepada pengunjung.

Sementara itu, untuk kebersihan terutama di sekitar Pantai Baron pasca abrasi, Disbudpar akan segera melakukan pembersihan, karena sampah yang terkubur pasir saat ini muncul dipermukaan dan ditargetkan selesai menjelang liburan.

"Kami akan menyuguhkan berbagai pertunjukan di tempat-tempat wisata seperti pertunjukan jathilan, keroncong dan dangdut," katanya.

Mengenai tarif masuk ke pantai selama musim liburan tidak ada kenaikan yakni Rp10 ribu perorang untuk obyek wisata Pantai Baron dan sekitarnya. Sementara untuk Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Wedi Ombo Rp 5000 per pengunjung.

Mengantisipasi lonjakan pengunjung selema libur lebaran, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak satuan kerja perangkat daerah (SKPD), polisi, TNI, SAR, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan petugas kepolisian. Pihak kepolisian akan membangun dua pos pengamanan," katanya.

Salah satu pengelola Gua Pindul Subagyo mengatakan target wisatwana selama H-3 sampai H+7 semua operator 18 ribu.

"Untuk wisatawan masuk ke gua kami maksimalkan 2.000 orang per hari untuk mencegah kelebihan pengunjung dalam goa," katanya.

Ia mengatakan untuk pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam gua akan diarahkan ke objek wisata lain di sekitar Gua Pindul di antaranya susur Oya.

"Apabila ada wisatawan yang tidak bisa masuk ke gua akan kami arahkan ke susur Sungai Oya, ini demi kenyamanan pengunjung," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024