27 orang tewas oleh topan Rammasun di Vietnam

id topan rammasun, rammasun 27 tewas

27 orang tewas oleh topan Rammasun di Vietnam

Petugas BMKG menunjukan jalur badai rammasun yang bergerak dari Samudera Pasifik menuju ke Filipina kemudian Taiwan, Tiongkok daratan kemudian hujan akan kembali reda setelah badai masuk ke daratan. (Foto: Antara/Asep Fathulrachman)

Hanoi (Antara Jogja/Xinhua-0ANA) - Sebanyak 27 orang tewas akibat topan Rammasun di Vietnam sejauh ini, kata Komite Pengarah Nasional Vietnam untuk Pencegahan Banjir dan Pengendalian Badai.

Surat kabar online lokal VNExpress  Selasa mengutip komite mengatakan bahwa pada pukul 17.00 waktu setempat, Senin, banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh topan menyebabkan 24 kematian di provinsi pegunungan utara Vietnam termasuk Ha Giang, Lai Chau, Son La, Lang Son, Dien Bien, Cao Bang, Bac Kan

Sementara itu, di bagian utara Provinsi Lao Cai, tiga orang lain disambar petir, kata komite, menambahkan bahwa dua orang dilaporkan terluka oleh angin topan di utara Bac Kan dan Provinsi Ha Giang.

Negara ini diperkirakan mengalami kerugian  sekitar 125 miliar dong Vietnam (5,9 juta dolar AS) karena properti yang rusak selama topan dengan hampir 500 rumah tak beratap, lebih dari 700 runtuh dan 6.000 kebanjiran, kata komite itu.

Sekitar 4.000 hektar tanaman padi dan lebih dari 200 hektar sayuran direndam banjir.

Topan Rammasun membuat pendaratan di kota Mong Cai, timur laut Provinsi Vietnam Quang Ninh, sekitar 220 km sebelah timur laut Hanoi, Sabtu pagi, menyebabkan hujan deras, banjir, tanah longsor pada hari-hari berikutnya.
(H-AK/C/A. Krisna)