Investasi di Sleman terus berkembang

id investasi sleman kab

Investasi di Sleman terus berkembang

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Investasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan mampu menampung ribuan tenaga kerja.

"Sampai dengan 2014 jumlah investasi, penanaman modal asing (PMA) 43 unit menyerap tenagaa kerja 7.476 orang," kata Kepala Kantor Penanaman, Penguatan dan Penyertaan Modal Kabupaten Sleman Retno Susiati, Kamis.

Menurut dia, untuk jumlah penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Kabupaten Sleman pada 2014 tercatat sebanyak 42 unit usaha.

"Dari PMDN tersebut mampu menyerap tenaga kerja 9.783 orang," katanya.

Ia mengatakan, untuk investasi di Kabupaten Sleman yang non-PMA/PMDN sebanyak 33.671 unit dan menyerap tenagaa kerja 288.779 orang.

"Nilai investasi PMA sebesar 213.831,2 dolar AS dan nilai investasi PMDN dan non-PMA/PMDN sebesar Rp5,8 triliun," katanya.

Retno mengatakan, Pemkab Sleman terus menjalin, memelihara dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara Pemkab Sleman dengan para pengusaha yang menanamkan modalnya di Sleman.

"Komunikasi yang dilakukan sekaligus juga untuk menjaring permasalahan permasalahan yang dihadapi sekaligus mengupayakan solusi pemecahan permasaalahan di bidang penanaman modal," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Sleman memiliki berbagai potensi ekonomi yang masih terbuka lebar bagi pengembangan investasi.

"Potensi di berbagai bidang usaha tersebut didukung tenaga kerja terampil dan terdidik, masyarakat yang ramah, heterogen, keamanan yang kondusif," katanya.

Menurut dia, selain itu juga didukung kemudahan aksesibilitas serta ketersediaan infrastruktur jalan, listrik dan air yang dibutuhkan investor dalam kapasitas sangat memadai.

"Kondisi tersebut diharapkan dapat menjadi poin tersendiri bagi Sleman. Oleh karena itu, Sleman sangat terbuka dan berpotensi bagi pengembangan usaha-usaha kreatif," katanya. (V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024