Instansi Pemkot Yogyakarta diminta membuat perpustakaan khusus

id pemkot

Instansi Pemkot Yogyakarta diminta membuat perpustakaan khusus

Pemerintah Kota Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Setiap instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta diminta untuk melengkapi fasilitas kantor dengan membuat perpustakaan khusus yang berisi koleksi buku penunjang kegiatan di instansi yang bersangkutan.

"Pembuatan perpustakaan khusus tersebut sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, sudah ada beberapa instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang memiliki perpustakaan khusus seperti di Bagian Protokol, Bagian Organisasi, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Perizinan dan di Taman Pintar.

Ia mencontohkan koleksi buku referensi berupa kebijakan-kebijakan terkini pemerintah yang dimiliki Bagian Protokol bisa membantu tugas saat menyiapkan pidato wali kota atau wakil wali kota.

"Keberadaan perpustakaan ini sangat membantu pegawai untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap, jumlah instansi yang memiliki perpustakaan khusus terus bertambah dari waktu ke waktu meskipun perpustakaan tersebut masih berbentuk sederhana.

"Satu rak buku bacaan atau referensi bisa menjadi modal awal untuk membentuk perpustakaan khusus. Harapannya, di tiap instansi minimal memiliki satu atau dua perpustakaan," katanya.

Wahyu memperkirakan ada beberapa aspek yang menjadi kendala pembentukan perpustakaan khusus, di antaranya sumber daya manusia yang terbatas, ruang yang terbatas, sarapa prasarana dan alokasi anggaran.

Namun demikian, lanjut dia, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta siap menerjunkan petugas untuk membimbing dan membina instansi yang akan membuat perpustakaan khusus.

"Pelatihan juga sudah dilakukan pada Februari. Usai pelatihan, akan diteruskan dengan pembinaan," katanya.

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta juga akan melakukan lomba perpustakaan khusus pada tahun ini guna mendorong semangat instansi membentuk perpustakaan. "Akan ada hadiah khusus yang disiapkan," lanjutnya.
(E013)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024