Tiga SMA/SMK Gunung Kidul kekurangan siswa

id gunung kidul kekurangan siswa

Tiga SMA/SMK Gunung Kidul kekurangan siswa

Ilustrasi (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Tiga sekolah negeri tingkat SMA/SMK di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kekurangan siswa dalam penerimaan peserta didik baru Tahun Ajaran 2015/2016.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Sukito di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan ada tiga sekolah yang sampai saat ini masih kekurangan siswa yakni SMA 1 Semanu, SMA 1 Rongkop, serta SMK Tanjungsari.

"Ada tiga sekolah SMA/SMK yang belum memenuhi kuotanya. Kami masih memberikan kesempatan kepada sekolah memperpanjang pendaftraan," kata Sukito.

Menurut dia, SMA 1 Semanu kekurangan 12 siswa dari total jumlah kuota 128 siswa, SMA 1 Rongkop kekurangan 56 siswa dari kuota 128 siswa, dan SMK Tanjungsari hanya memperoleh pendaftar 65 orang dari jumlah kuota 224 siswa. "Untuk SMK Tanjungsari hanya terisi sepertiganya," katanya.

Ia mengatakan SMK Tanjungsari yang mengalami kekurangan murid cukup banyak diduga dikarenakan minimnya siswa bersekolah di jurusan kelautan. "Mungkin karena kurang minat ke jurusan kelautan, sehingga kekurangan murid," katanya.

Sukito mengatakan pihaknya memberikan keleluasaan untuk sekolah membuka PPDB hingga 25 Juli. Meski ada sekolah yang kekurangan murid, tetap beberapa sekolah di Gunung Kidul menambah jumlah siswanya. Hal ini karena beberapa sekolah tersebut banyak peminatnya. Adapun sekolah yang menambah jumlah siswa yakni SMK 3 Wonosari, SMK Negeri 1 Nglipar, SMK 1 Ponjong dan SMK 1 Purwosari.

"Kalau memang sampai batas waktu yang ditentukan tidak memperoleh murid, sekolah tetap dilaksanakan dengan jumlah siswa yang ada," katanya.

(KR-STR)