Disbubpar gelar jelajah wisata "kaliurang-kalikuning 2015"

id jelajah wisata kaliurang

Disbubpar gelar jelajah wisata "kaliurang-kalikuning 2015"

Obyek Wisata Kaliurang (Foto Antara/Pradeva Yoga/ags/15)

Sleman (Antara) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman berencana menggelar kegiatan jelajah wisata menyusuri lereng Gunung Merapi dari Kaliurang hingga Kalikuning Minggu, 30 Agustus 2015.

"Jelajah Wisata 2015 mengambil tajuk `Kaliurang-Kaikuning` dengan rute sepanjang kurang lebih delapan kilometer menyusuri alam lereng Merapi, hutan Pronojiwo, kawasan Kaliurang hingga Kali Kuning," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, maksud dan tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk lebih menggairahkan sektor pariwisata yang menjadi salah satu sektor andalan di Kabupaten Sleman khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Secara khusus `event` ini dimaksudkan untuk lebih meramaikan kembali dan mempromosikan objek wisata Kaliurang - Kaliadem pascaerupsi Merapi 2010, sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan ini dapat lebih meningkat. Dengan demikian pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi para pelaku wisata," tuturnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga untuk menyediakan wahana rekreasi sekaligus berolah raga yang menarik bagi warga masyarakat dari berbagai kalangan, sehingga akan dapat meningkatkan, kesehatan, kebugaran, dan memupuk sportifitas/disiplin.

"Lebih jauh diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan alam sekitar sehingga akan menumbuhkan rasa mencintai terhadap alam dan lingkungannya," ujarnya.

Ayu mengatakan, peserta Jelajah wisata ini adalah masyarakat umum baik dari Kabupaten Sleman maupun dari luar Kabupaten Sleman yang mendaftar sesuai ketentuan.

"Kegiatan Jelajah Wisata 2015, ini bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata Dusun Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman dan pihak sponsor," tambahnya.

Ia mengatakan, setiap peserta dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp30.000.

"Target peserta sebanyak 1.000 orang, dengan tempat pendaftaran.

Kantor Disbudpar Kabupaten Sleman, Tourist Information Centre (TIC) Jalan Malioboro, Yogyakarta dan Hotel Vogel Jalan Astamulya, No. 76, Kaliurang," ucapnya.

Syarat pendaftaran menyerahkan fotokopi kartu identitas diri/KTP/SIM, minimal umur peserta 12 tahun. Pendaftaran dibuka dari 13 Juli 2015 sampai dengan 28 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta terpenuhi, mana yang lebih dulu tercapai.

Fasilitas yang diperoleh oleh setiap peserta Jelajah Wisata meliputi kaos peserta, konsumsi, asuransi, kupon undian untuk memperebutkan hadiah utama, dan berbagai hadiah/`door priz` menarik lainnya.

"Doorprize hanya diberikan kepada peserta yang benar-benar mengikuti rangkaian kegiatan dari `start-finish` dan mendapatkan cap pos yang telah ditentukan," tuturnya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024