37.841 wisatawan banjiri Kepulauan Seribu

id Kepulauan Seribu,Pariwisata Jakarta ,Pariwisata Kepulauan Seribu ,Pulau Pramuka ,Pulau Panggang ,Pulau pari ,Wisata Kepu

37.841 wisatawan banjiri Kepulauan Seribu

Ilustrasi - Pengunjung yang akan menyeberang ke Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. ANTARA/Pemkab Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Kepulauan Seribu, mengungkapkan 37.841 wisatawan mengunjungi wilayah kepulauan tersebut sepanjang libur Lebaran 1445 Hijriah.

"Jumlah itu terdata sejak 6-15 April 2024, dengan menggunakan berbagai dermaga, yaitu Marina Ancol, Muara Angke, Tanjung Pasir dan Cituis," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, kunjungan wisatawan terbanyak datang dari Dermaga Muara Angke dengan jumlah 15.090 orang, lalu Tanjung Pasir sebanyak (12.529), Marina Ancol (6.920) dan Cituis sebanyak 3.302 orang.

Menurut dia, puluhan ribu wisatawan tersebut mayoritas mengunjungi pulau-pulau berpenduduk yang ada di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Tidung, Pulau Pari dan lainnya.

Banyak wisatawan mengunjungi Pulau Pari pada 10-13 April 2024 yang jumlahnya mencapai 7.833 orang. "Pulau Pari menjadi incaran para wisatawan karena keindahan Pantai Pasir Perawan yang menjadi ikonnya," katanya.



Selain itu, banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu saat libur Lebaran diyakini memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Hal ini berdampak bagi pelaku usaha yang bersentuhan langsung dengan wisata, seperti pemilik penginapan, pemandu perjalanan, pemilik kapal, pengusaha kuliner, aksesoris dan lainnya.

Kunjungan wisatawan libur Lebaran sangat ramai, menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puja Berhias Pulau Untung Jawa, Rusli, memacu perekonomian masyarakat karena berdampak langsung dengan masyarakat mulai dari pedagang hingga pemilik kapal.

Selain itu pemilik penginapan (homestay), pengelola olahraga air (watersport) dan pelaku jasa wisata lainnya.

Ia mengatakan, untuk menuju Kepulauan Seribu, wisatawan bisa mengakses Dermaga Kali Adem dan Marina Ancol dengan tarif yang berbeda-beda.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 37.841 wisatawan kunjungi Kepulauan Seribu saat libur Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024