Asita DIY tingkatkan kemitraan dengan Pemda Sleman

id asita

Asita DIY tingkatkan kemitraan dengan Pemda Sleman

Asita (Foto baliskytour.wordpress.com)

Sleman (Antara Jogja) - Asosiasi Tour and Travel Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk meningkatkan jalinan kemitraan dengan pihak pemerintah daerah, termasuk Kabupaten Sleman.

"Melalui kemitraan ini diharapkan akan menumbuhkan dan meningkatkan sinergitas dalam pengembangan kepariwisataan di Yogyakarta, termasuk Kabupaten Sleman," kata Ketua Umum DPD Asosiasi Tour and Travel (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Udhi Sudhiyanto, saat audiensi dengan Jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, di Sleman, Senin.

Menurut dia, kepengurusan DPD ASITA DIY Periode 2014-2019 akan turut mendukung pengembangan dan kemajuan kepariwisataan di DIY, termasuk Kabupaten Sleman dengan berbasis teknologi informasi (TI).

"Melalui sinergitas antara para pelaku pariwisata di DIY bersama dengan pemerintah daerah serta didukung dengan fasilitas TI diharapkan perkembangan dan kemajuan pariwisata ke depan akan semakin baik. Kami juga mengajak `stakeholder` pariwisata yang lain untuk meningkatkan kolaborasi dan kerja sama, demi kemajuan kepariwisataan di DIY," tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi komitmen Asita DIY untuk memajukan kepariwisataan di DIY, khususnya Sleman.

"Daya tarik wisata bukan hanya semata objek wisata secara fisik, akan tetapi juga termasuk atraksi seni, budaya maupun kemasan event pariwisata," ujarnya.

Ayu mengatakan, untuk memadukan potensi dan atraksi wisata tersebut diperlukan adanya pengemasan yang berupa paket-paket wisata.

"Dalam hal inilah biro perjalanan memiliki peran yang penting, mengingat mereka yang tahu secara riil akan kebutuhan dan tipe-tipe wisatawan baik domestik maupun manca negara. Dengan demikian paket-paket wisata yang tersedia akan dapat memenuhi kebutuhan wisatawan dan mendatangkan kepuasan tersendiri," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum DPD Asita DIY Periode 2014-2019 Udhi Sudhiyanto didampingi enam orang jajaran pengurus lainnya, yaitu Sekretaris Jenderal Ratih Puspasari, Waksekjen Mira Rahimudin, Bidang SDM Willy, Bidang Tata Niaga Rizky Akbar, dan Bidang IT Viko dan Dony.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024