471 siswa ikuti Jambore Pasraman di Yogyakarta

id jambore pasraman

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 471 siswa perwakilan dari 32 provinsi mengikuti Jambore Pasraman Tingkat Nasional IV di Yogyakarta, 26-30 Juli 2016.

Ketua Panitia Jambore Pasraman 2016, Ida Bagus Gede Subawa dalam pembukaan acara itu di Yogyakarta, Selasa malam, mengatakan Jambore Pasraman Nasional IV adalah untuk membangun kesadaran dan rasa kepedulian umat mengenai pentingnya peranan pasraman dalam menjaga keberlangsungan pendidikan agama dan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

"Kami berharap dapat membangun sikap spiritual, sikap sosial, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Hindu," kata dia.

Jambore Pasraman tahun ini mengusung tema "Jambore Pasraman sebagai wahana meningkatkan Patriotisem Bangsa, Kerukunan, dan Pengalaman Ajaran Agama".

"Kami juga berharap melalui Jambore Pasraman tahun ini mampu menanamkan rasa tanggungjawab bagi generasi muda," kata dia.

Ia menyebutkan kegiatan inti yang dilaksanakan dalam Jambore Pasraman Nasional IV tersebut, di antaranya Parade Singkat, Lomba Kegiatan Pendidikan-Keagamaan meliputi Pengambangan Lagu Rohani, Pelaksanaan Yoga Asnas, Puisi Keagamaan Serta Pelapalan doa sehari-hari.

"Lomba ini akan melibatkan juri sejumlah 27 orang, yang berasal dari para cendekiawan dan rohaniawan yang ahli di bidangnya masing-masing," kata dia.

Peserta Jambore Pasraman IV, menurut dia, dibagi menjadi 3 kategori yaitu tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Ia mengatakan sebagai bentuk motivasi bagi peserta lomba dalam kegiatan jambore tersebut, panitia memberikan piala dan penghargaan bagi juara I,II, III dan juara harapan. Khusus bagi peraih juara umum akan diberikan piala bergilir Dirjen Bimas Hindu.***4***

(L007)