Jumat, 24 Maret 2017

Bupati: PKK miliki peran sukseskan program pemerintah

id Bupati sleman
Bupati: PKK miliki peran sukseskan program pemerintah
Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)
Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo, menilai peran PKK sangat penting dalam menyukseskan program-program pemerintah.

"Perlu adanya kebersamaan dan kerja sama saling membantu antara PKK dengan pemerintah agar tercapai tujuan bersama, salah satunya dalam hal mengakselerasi kemiskinan," kata Sri Purnomo pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin.

Menurut dia, harus ada kerja sama yang baik antara PKK dengan dinas pemerintah dengan ikut menyukseskan program-program yang akan dilaksanakan seperti pendidikan, kesehatan dan juga pemberdayaan masyarakat.

"Tanpa ada kerja sama yang baik tidak akan maksimal dalam menyukseskan suatu program," katanya.

Ia mengatakan problematika kemiskinan di Kabupaten Sleman ke depan harus bisa dikurangi.

"Kami berharap dalam hal ini PKK dapat turut serta mendorong program pemerintah agar dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sementara Ketua Umum PKK Pusat dr Erni Gunarti Tjahjo Kumolo dalam sambutan yang dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa pelaksanaan program-program PKK harus bisa mengurangi program yang bersifat seremonial tetapi juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya.

Peringatan HKG PKK tahun ini mengambil tema "Dengan HKG PKK ke-45 tahun 2017, kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK".

"Akselerasi atau percepatan program harus didasarkan pada kenyataan, selama ini PKK telah melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung merupakan rutinitas. Untuk itu, agar tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga senantiasa tidak pernah beranjak progresnya dengan cara selalu berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah," katanya.

Lebih lanjut Erni juga mengharapkan agar Bupati Sleman selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK di daerah berkenan untuk memberikan dukungan dan fasilitas terhadap program-program Tim Penggerak PKK, sehingga Gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga-keluarga menuju masyarakat yang maju dan sejahtera.

Dalam acara peringatan HKG tersebut Bupati Sleman dan Ketua TP PKK Kabupaten Sleman juga memberikan berbagai penghargaan kepada para kader PKK berprestasi yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. ***4***

(V001)

Editor: Victorianus Sat Pranyoto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga