Rabu, 26 April 2017

Gl Zoo mulai berbenah hadapi libur lebaran

id Gl zoo
Gl Zoo mulai berbenah hadapi libur lebaran
Pengunjung GL Zoo (Foto Antara/Luqman Hakim)
Yogyakarta, (Antara Jogja) - Gembira Loka Zoo sebagai salah satu destinasi wisata utama di Yogyakartamulai melakukan berbagai pembenahan menghadapi momentum libur Lebaran, mulai perbaikan akses jalan, kandang, serta penyempurnaan berbagai fasilitas di dalamnya.

"Persiapannya sudah dimulai, yang pasti lebih pada perawatan kandang serta fasilitas bagi pengunjung," kata Kepala Bagian Humas Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Khrisyanto Agung Wibowo di Yogyakarta, Senin.

Agung mengatakan selain memperbaiki fasilitas pengunjung seperti toilet serta akses jalan, untuk menghadapi momen libur Lebaran juga dilakukan penggantian papan informasi serta papan nama satwa.

"Ranting-ranting pohon yang rapuh juga kami pangkas dan rapikan," kata dia.

Manajemen GL Zoo, kata dia, juga hampir merampungkan gedung perkantoran utama yang dipersiapkan untuk pelayanan pengunjung menghadapi Lebaran nanti.

Gedung yang pembangunannya dianggarkan Rp3 miliar itu nantinya akan digunakan untuk pusat penjualan tiket perorangan maupun reservasi serta untuk gedung pemasaran.

Sementara itu, untuk Zona Cakar atau zona satwa pemakan daging tahap pembangunannya baru bisa dimulai pascalebaran. Saat ini, masih proses pemindahan kandang onta dan rusa karena akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Zona Cakar.

Zona Cakar tersebut akan diisi 22 koleksi satwa pemakan daging dan bercakar yang ada di kebun binatang itu, seperti harimau, hyena, kucing bulu emas, dan beruang madu.

"Target kami setelah lebaran mulai (pembangunannya)," kata dia.

Pada Lebaran mendatang, kunjungan wisatawan ke GL Zoo diperkirakan tidak meningkat dari target Lebaran 2016 mencapai 150.000 orang. "Kami menyadari tahun ini belum bisa menampilkan koleksi satwa baru sehingga kemungkinan besar target kunjungan masih sama dengan tahun lalu," kata dia.

Agung menyebutkan hingga saat ini koleksi satwa GL Zoo mencapai 1.320 ekor satwa yang terdiri atas 360 jenis. Di Zona Cakar sediri, rencananya akan diisi 22 jenis satwa dengan 12 di antaranya adalah jensi satwa baru di GL Zoo. ***1***

(L007)

Editor: Victorianus Sat Pranyoto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga