Pemkab Sleman diminta anggarkan meteran air

id meteran air

Pemkab Sleman diminta anggarkan meteran air

Ilustrasi meteran air (foto pam-meter.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pemerintah kabupaten menganggarkan dana untuk  meteran air terkait program pengadaan air bersih untuk seluruh masyarakat setempat.

"Program pengadaan air bersih yang beberapa tahun terakhir telah diterapkan ini masih kurang optimal," kata Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sleman Huda Tri Yudiana, Rabu.

Menurut dia, program ini bagi masyarakat banyak sisi positifnya karena memudahkan warga dalam memperoleh air bersih.

"Namun data di lapangan menyebutkan baru 10 persen anggota kelompok air bersih ini yang memiliki meteran air. Akibatnya penggunaan air jadi tidak terukur dan kurang efisien karena banyak terbuang," katanya.

Ia mengatakan, penggunaan meteran air dapat mendisiplinkan warga dalam menggunakan air bersih di Sleman.

"Kami mengharapkan Pemerintah Kabupaten Sleman segera menganggarkan pengadaan meteran air untuk sekitar 160 kelompok pemakai air yang saat ini belum memiliki alat tersebut," katanya.

Huda mengatakan, anggaran untuk pengadaan "water meter" ini sesuai perhitungan fraksi PKS mencapai Rp2,75 miliar. "Anggaran untuk program ini bisa dimasukkan dalam APBD 2013," katanya.

Anggota Komisi C ini mengatakan, selama ini program pengadaan air bersih dilaksanakan dengan memberikan bantuan instalasi pipa dan material untuk pembuatan bak air di sebuah padukuhan.

"Kemudian masyarakat secara mandiri memasang pipa air tersebut dari sumber mata air terdekat yang bisa disalurkan ke wilayah tempat tinggal mereka. Pemipaan, instalasi, dan pengelolaan air bersih yang ditangani langsung masyarakat dikoordinasi dalam sebuah kelompok atau paguyuban pengguna air bersih," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di Sleman terdapat sekitar 180 kelompok yang kebanyakan berada di Sleman bagian utara.

"Pengadaan air telah terlaksana. Perlu dilanjutkan dengan kontrol program, pengadaan meteran air merupakan salah satu alternatifnya. Ke depan tetap diperlukan evaluasi dalam hal efektivitas penerapannya," katanya.

(V001)