RPH Giwangan akan dilengkapi mesin pembeku daging

id rph giwangan dilengkapi

RPH Giwangan akan dilengkapi mesin pembeku daging

Ilustrasi pemotongan di Rumah Pemotongan Hewan (beritadaerah.com)

Jogja  (ANTARA Jogja) - Rumah Pemotongan Hewan Giwangan akan dilengkapi dengan mesin pembeku daging, sehingga layanan yang dimiliki di rumah pemotongan kelas II tersebut akan menjadi semakin lengkap.

"Pada tahun depan, pembangunan ruangan khusus yang dilengkapi mesin pembeku daging tersebut sudah akan dimulai. Kami memperoleh bantuan dari pemerintah pusat," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta Benny Nurhantoro di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, bantuan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut akan digunakan untuk perbaikan gedung sebesar Rp600 juta dan juga penambahan fasilitas pembeku daging dan sarana penunjang lainnya sebesar Rp2,081 miliar.

Proses pembekuan daging membutuhkan biaya sekitar Rp600 perkilogram dengan suhu -30 hingga -40 derajat celcius. Daging yang tersimpan di dalam mesin pembeku bisa bertahan hingga satu tahun.

Selain itu, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan juga akan mendapat tambahan armada pengangkut daging berupa satu kendaraan roda dua dan mobil boks berpendingin untuk distribusi daging.

"Pada tahun depan, juga akan ada peningkatan kelas RPH Giwangan menjadi rumah pemotongan hewan kelas I. Sama dengan rumah pemotongan hewan di Malang," katanya.

Saat ini, rata-rata jumlah sapi yang dipotong di RPH Giwangan adalah sekitar 25-30 ekor per hari, dan biasanya mengalami kenaikan pada Jumat hingga Minggu.

Dengan adanya mesin pembeku daging tersebut, lanjut Benny, maka akan semakin membuka peluang RPH Giwangan untuk meningkatkan kapasitas pemotongan sapi setiap harinya dan memasoknya ke daerah lain.

"Saat ini, sapi hasil pemotongan di RPH Giwangan hanya bisa dipasok ke pasar-pasar tradisional di Yogyakarta saja karena harus langsung didistribusikan mengingat kami tidak memiliki mesin pendingin sekalipun. Dengan adanya mesin pembeku, maka daging bisa tersimpan lama dengan kualitas terjamin dan kemudian dipasok ke daerah lain," katanya.

Selain itu, Benny berharap, dengan adanya tambahan mesin pembeku daging tersebut dapat menekan fluktuasi harga daging sapi seperti yang terjadi saat ini.

"Sapi yang dipotong di RPH juga terjamin kualitasnya karena sapi dan daging potongnya akan diperiksa secara ketat," katanya.

(E013)