BMKG : "Low Pressure" muncul di selatan Jawa

id bmkg

BMKG : "Low Pressure" muncul di selatan Jawa

Iustrasi BMKG (Foto Antara/Wahyu Putro)

Cilacap (ANTARA Jogja) - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap menyatakan daerah pusat tekanan rendah (low pressure) muncul di perairan selatan Pulau Jawa sehingga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang.

"Saat ini tekanan udara di pusat 'low pressure' tersebut mencapai 1.007 milibar dan diprakirakan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan. Kami masih terus mengamatinya," kata prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Nurmaya, di Cilacap, Sabtu.

Oleh karena itu, kata dia, tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (20/1) diprakirakan mengalami peningkatan.

Dalam hal ini, lanjutnya, tinggi gelombang maksimum di pantai selatan Jateng-DIY pada Minggu (20/1) diprakirakan berkisar 0,5-3 meter dengan kecepatan angin 5-20 knots yang bertiup dari arah barat-barat laut.

Sementara di wilayah Samudera Hindia selatan Jateng-DIY, tinggi gelombang maksimum pada Minggu (20/1) diprakirakan mencapai kisaran 1,5-4 meter dengan kecepatan angin 10-25 knots yang bertiup dari arah barat-barat daya.

Menurut dia, tinggi gelombang maksimum pada Sabtu diprakirakan masih berada pada kisaran 0,5-2 meter di pantai selatan dan 1,25-3 meter di Samudera Hindia.

"Akibat pengaruh daerah tekanan rendah di selatan Jawa, kondisi cuaca di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY pada Minggu (20/1) berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang antara malam hingga dini hari dan kadang disertai petir," katanya.

Terkait hal itu, dia mengimbau nelayan untuk tetap waspada saat melaut karena gelombang tinggi dapat datang sewaktu-waktu.

Sementara bagi wisatawan, diimbau untuk tidak berenang di pantai terutama yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Menurut dia, munculnya daerah pusat tekanan rendah di selatan Jawa juga memengaruhi kondisi cuaca di wilayah Jateng bagian selatan.

"Secara umum, kondisi cuaca di wilayah Jateng selatan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang yang kadang disertai petir," katanya.

(KR-SMT)