Panwaslu: Panwascam ikut pantau distribusi logistik pemilu

id panwaslu: panwascam ikut

Panwaslu: Panwascam ikut pantau distribusi logistik pemilu

Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta Agus Triyatno (Foto Antara/Jarot)

Jogja (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Yogyakarta meminta Panitia Pengawas Kecamatan ikut memantau distribusi logistik Pemilu 2014.

"Pihaknya akan bekerja sama dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di wilayah Kota Yogyakarta untuk memantau distribusi logistik Pemilu 2014," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu ) Kota Yogyakarta Agus Triyatno, Kamis.

Menurut dia, pihaknya merencanakan mengawasi secara intensif distribusi logistik Pemilu 2014, terutama pengadaan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS) agar tidak ada penyalahgunaan.

"Pemantauan penggunaan logistik pemilu khususnya surat suara harus benar-benar memperoleh perhatian serius. Sebab, jika tidak, maka surat suara bisa menjadi celah yang dapat dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan pribadi," katanya.

Menurut dia, panwaslu akan menghitung dan mencocokkan kembali jumlah surat suara yang ada, dengan surat suara yang digunakan serta surat suara yang tidak digunakan, guna memastikan tidak ada yang diselewengkan demi kepentingan oknum tertentu.

"Kami akan cocokkan jumlah surat suara yang ada dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya dengan surat suara yang terpakai, dan surat suara yang rusak serta surat suara yang tidak terpakai," katanya.

Pada bagian lain, ia mengatakan pihaknya sampai kini masih terus mencermati dan mengawal secara penuh daftar pemilih tetap di kota ini, sampai saatnya ditetapkan terakhir kalinya.

"Panwaslu Kota Yogyakarta akan terus mengawal data pemilih yang sudah ditetapkan KPU setempat, karena pihaknya tidak mengetahui bagaimana sistem data pemilih itu bekerja," katanya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024