PDIP Gunung Kidul jaring cabup-cawabup 2015-2020

id pdip

PDIP Gunung Kidul jaring cabup-cawabup 2015-2020

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Foto Antara/Mawaruddin/ags/14)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka tahapan penjaringan calon bupati dan wakil bupati periode 2015-2020 mulai 10 hingga 18 Oktober.

Ketua DPC PDIP Gunung Kidul Budi Utama di Gunung Kidul, Minggu mengatakan peserta penjaringan calon bupati bisa berasal dari dalam maupun luar partai bermoncong putih ini.

"PDIP merupakan partai terbuka yang memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik untuk adu visi misi dan gagasan dalam membangun Bumi Handayani lima tahun ke depan," kata Budi.

Dia mengatakan, pendaftaran secara resmi dibuka mulai Jumat, 10 Oktober dan berakhir hingga 18 Oktober. Budi menjamin tidak ada pungutan dalam pendaftaran.

"Konvensi ini merupakan perintah dari DPP PDIP dan dijamin tanpa mahar," katanya.

Budi mengatakan para calon pada saat melakukan pendaftaran harus satu paket (cabub/wabub). Nantinya seluruh peserta akan diseleksi oleh tim dari DPC, lalu DPD dan DPP. "Peserta yang mendaftar harus satu paket," kata dia.

Dengan pendaftaran lebih cepat, PDIP menginginkan pemimpin yang memiliki integritas, bersih, berkarakter dan mendorong perubahan di Gunung Kidul dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga mendorong ekonomi daerah maju dan berkembang pesat dengan menekan angka kemiskinan.

"Kami ingin mendapatkan calon yang memiliki integritas tinggi, dan mampu memajukan Gunung Kidul," kata Budi.

Disinggung peluang kader PDIP, Budi mengatakan peluangnya sama dan terbuka. Kader terbaik dipersilajan mencalonkan diri. Apabila sebelumnya ada aturan dimana seorang wakil bupati harus dari pejabat eselon kali ini sudah tidak berlaku.

"Pendaftaran dilakukan di kantor DPC PDIP," kata dia.

Budi yang disebutkan akan ikut dalam pendaftaran mengaku masih mencari pasangan yanga akan maju sebagai wakil bupati.

"Pencalonan saya merupakan respons atas desakan dari masing-masing pengurus tingkat kecamatan yang menghendaki pencalonan saya dalam Pilkada 2015," kata Budi.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024