Korem 072/Pamungkas gelar pameran alutsista

id alutsista

Korem 072/Pamungkas gelar pameran alutsista

Peralatan Tempur TNI AD (Foto Antara)

Jogja (Antara) - Komando Resor Militer 072/Pamungkas menggelar pameran alat utama sistem persenjataan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-71 Republik Indonesia, 15-18 Agustus 2016, di Yogyakarta.

Kepala Penerangan Komando Resor Militer (Korem) 072/Pamungkas Mayor Inf Suyadi di Yogyakarta, Minggu, mengatakan pameran bertajuk "Independence Day Military Expo 2016" yang akan berlangsung di Jogja City Mall itu akan menampilkan sejumlah alutsista modern yang dimiliki TNI.

"Rencananya (pameran, red.) akan dibuka Gubernur DIY. Pameran ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat," katanya.

Ia mengatakan beberapa alutsista modern yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat, antara lain Tank Leopard, Radar Mobile MLAAD, Rudal Chiron.

Selain itu, pameran akan dimeriahkan dengan drumband Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU).

Menurut Suyadi, pertanggungjawaban TNI kepada rakyat seperti dalam bentuk pameran itu penting diwujudkan mengingat semua alutsista tersebut dibeli dengan uang rakyat.

"Karena alutsistanya dibeli dengan menggunakan uang rakyat, maka rakyat harus tahu, dan juga bisa melihat lebih dekat alutsista baru yang dimiliki TNI," kata dia.

Pameran alutsista, kata Suyadi, juga bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi muda sekaligus pendidikan karakter bagi mereka.

"Kita ingin membangun rasa cinta generasi muda terhadap negara dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangun pertahanan negara bersama-sama," kata dia.

Ia berharap, ke depan kedekatan TNI dengan rakyat semakin solid, bukan hanya bersandar pada teknologi peralatan perang, akan tetapi juga dengan memelihara dan memantapkan kekuatan pertahanan dengan berbasis kerakyatan.

"Dengan begitu, harapannya kegiatan pameran alutsista akan semakin memantapkan kedekatan antara TNI dengan rakyat, karena dengan rakyat TNI akan semakin kuat dalam menjaga kedaulatan negara dan keutuhan NKRI," kata dia.

Perwira Urusan Penerangan Korem 072 Pamungkas Lettu Inf M.B. Berhen Suncoko berharap, masyarakat menyempatkan datang menyaksikan langsung peralatan tempur modern milik TNI itu.

"Kami mengajak masyarakat dan keluarganya menyaksikan langsung pameran ini untuk melihat dari dekat persenjataan milik TNI," kata dia.

(L007)