Bantul berupaya wujudkan kawasan publik bersih sampah

id bantul bebas sampah, sampah bantul

Bantul berupaya wujudkan kawasan publik bersih sampah

Ilustrasi, aksi memungut sampah dijalanan. (ANTARA FOTO/Rahmad/ama/17)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan aksi "gropyok sampah" atau bersih-bersih sampah di depan Pasar Bantul guna mewujudkan kawasan publik yang sehat dan bersih dari sampah.

"Dalam rangka mengenalkan kawasan fasilitas publik dan upaya menciptakan kawasan sehat, indah dan nyaman dari sampah kami melakukan aksi `gropyok sampah` yang dipusatkan di depan Pasar Bantul," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Masharun Ghozalie disela gropyok sampah di Bantul, Jumat.

Gropyok Sampah atau aksi bersih-bersih sampah yang dipusatkan di kawasan publik sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Bantul itu dipimpin Bupati Bantul Suharsono didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0729 dan Kapolres beserta jajaranya.

"Selain untuk mengenalkan area publik ini, kegiatan gropyok sampah bertujuan untuk memperteguh Program Bantul Bersih Sampah 2019 yang dicanangkan dua tahun yang lalu," katanya.

Masharun mengatakan, mengawali tahun 2018 ini Dinas Lingkungan Hidup Bantul menggandeng antarlembaga dan masyarakat mewujudkan kawasan Bantul yang bersih dari sampah dan meraih penghargaan Adipura dari pusat.

"Penghargaan kebersihan dari pemerintah pusat bukan tujuan akhir dari penciptaan lingkungan yang sehat, akan tetapi perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat Bantul itu tujuan utama Bantul Bersih Sampah 2019," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan gropyok sampah tersebubt dan semoga semangat menciptakan kawasan bersih sampah ini tidak akan pernah pudar dan menjadi budaya masyarakat Bantul.

"Sebagai pimpinan daerah, saya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Bantul, salah satunya menciptakan kawasan Bantul Bersih Sampah dan pembangunan fasilitas umum untuk menunjang kegiatan warga," katanya.

Terkait dengan armada kebersihan di Bantul, lanjut Bupati Bantul, pemkab akan menambah di tahun Anggaran 2018 ini, selain itu kampanye atau sosialisasi sadar lingkungan kepada berbagai pihak akan terus dilakukan.

"Kegiatan `car free day` akan kami gelar kembali di tahun ini, seiring selesainya pembangunan fasilitas umum di pusat Kota Bantul ini," kata Bupati Bantul.
(T.KR-HR) 05-01-2018 14:20:08