Warga percaya Pemilu 2024 bebas intervensi pemerintah, beber survei

id Indikator Politik Indonesia ,Hasil Survei Indikator Politik Indonesia ,Pemilu 2024 ,Pemilihan umum

Warga percaya Pemilu 2024 bebas intervensi pemerintah, beber survei

Tangkapan layar - Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo dalam acara "Evaluasi Publik atas Pemilu 2024 dan Isu-isu Malpraktik Elektoral" yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA/Nadia Putri Rahmani

Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan mayoritas responden menyatakan cukup atau sangat percaya pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 bebas dari intervensi pemerintah.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Hendro Prasetyo menyebutkan berdasarkan hasil survei pada 18-21 Februari, sebanyak 41,2 responden menjawab cukup percaya bahwa Pemilu 2024 bebas dari campur tangan pemerintah dan 18,6 persen responden menjawab sangat percaya.

“Kalau kita gabungkan, jumlahnya hampir 60 persen yang percaya bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam Pemilu” ujar Hendro dalam acara Evaluasi Publik Atas Pemilu 2024 dan Isu-isu Malpraktek Elektoral yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, sebanyak 27,4 persen responden mengatakan kurang percaya, sementara sebanyak 18,6 persen menjawab sangat percaya dan sebanyak 7,4 persen responden menjawab tidak percaya sama sekali.

Menurutnya, pihak penyelenggara Pemilu, yakni KPU, Bawaslu, serta pemerintah perlu memberikan respon terhadap ketidakpercayaan publik bahwa pemerintah tidak campur tangan dalam Pemilu.

“Apabila digabungkan, sekitar 35 persen yang tidak percaya bahwa pemerintah tidak intervensi pemilu. Ini jumlah yang besar. Isu ini ada di mata publik. Petugas Pemilu lah yang harus bertanggung jawab untuk menjelaskan ini kalau memang image 35 persen yang tidak percaya ini perlu diatasi,” ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indikator: Mayoritas percaya Pemilu bebas dari intervensi pemerintah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024