Katgama beri penghargaan Menteri Basuki dan Susi

id Herman Johannes Award,Menteri Susi,Menteri Pekerjaan Umum

Katgama beri penghargaan Menteri Basuki dan Susi

Pemberian penghargaan "Herman Johannes Award" kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Balai Senat UGM (Foto ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada memberikan penghargaan "Herman Johannes Award" kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Balai Senat UGM Yogyakarta, Selasa. 

Dalam acara memperingati Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-72 itu, Menteri Basuki menerima penghargaan untuk bidang infrastruktur, sementara Menteri Susi menerima penghargaan dalam bidang kelautan.

"Saya pikir ini penghargaan juga untuk Pak Jokowi yang telah menghadapi beragam kontroversi dari masyarakat karena memilih menteri yang sekolah resminya sampai kelas 2 SMA saja," kata Menteri Susi disambut tepuk tangan dan tawa undangan yang hadir dalam acara itu.

Susi mangatakan Penghargaan "Herman Johannes Award" merupakan penghargaan kali kedua yang ia terima dari perguruan tinggi, setelah ITB. Susi juga telah menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya.

Baginya, penghargaan itu menandakan bahwa Indonesia sangat mengapresiasi setiap anak bangsa yang sungguh-sungguh dalam berkarya.
Sementara itu, Menteri Basuki Hadumuljono menganggap penghargaan itu sebagai pengingat akan kepercayaan dan harapan almamaternya agar dia dapat menjalankan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh.

"Dalam bekerja ada dua hal yang selalu saya ingat. Pertama adalah almamater, dan yang kedua keluarga. Maka, ini akan menjadi pengingat bagi saya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepada saya dengan lebih baik lagi untuk menjunjung tinggi kemuliaan almamater saya," tutur alumnus Fakultas Teknik UGM ini.

Ketua Keluarga Alumni Teknik Gadjah Mada (Katgama) Agus Prijatno mengatakan penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh nasional yang berperan dalam pengembangan ilmu dan teknologi di Indonesia.

"Semoga penghargaan ini mampu menginspirasi generasi `zaman now` untuk memberikan yang terbaik pada bangsanya," ujar Agus.

Menurut dia, penghargaan itu mengambil nama Herman Johannes karena merupakan pahlawan nasional yang sekaligus rektor kedua UGM.

"Penghargaan ini diprakarsai oleh Bapak Airlangga Hartanto atas karya dan sumbangsih serta pengabdian yang tak kenal lelah yang disumbangkan bagi Tanah Air," kata dia.

Selain untuk Menteri Susi dan Basuki, penghargaan juga diberikan kepada Prof Ir Hardjoso Prodjopangarso (alm) untuk Bidang Teknologi Pengairan, Prof Dr Soebroto, M.A. untuk bidang energi, serta Dr Ir Hartarto Sastrosoenarto (alm) untuk Bidang Industri.
(T.L007) 20-02-2018 17:20:50