Pemkot Yogyakarta menata daerah pecinan Ketandan bertahap

id Cina

Pemkot Yogyakarta menata daerah pecinan Ketandan bertahap

Gapura Kampung Ketandan Yogyakarta (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta secara bertahap akan menata Ketandan dan mengembalikan kekhasan daerah pecinan itu sebagaimana yang ada pada masa lalu.

"Penataan di kawasan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, terutama penataan fasad sejumlah bangunan di Ketandan," kata Kepala Bidang Kebudayaan Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharso di sela kunjungan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Rumah Ketandan Yogyakarta, Sabtu.

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, ia menjelaskan, akan melanjutkan penataan fasad kawasan Ketandan tahun ini dengan memanfaatkan dana keistimewaan sekitar Rp600 juta.

Tahun lalu, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta sudah melakukan penataan fasad bangunan di simpang empat Jalan Ketandan. Bangunan yang semula tidak terawat kini sudah dicat merah dan kuning.

"Tempat tersebut bahkan sudah menjadi lokasi swafoto yang cukup menarik wisatawan dan banyak diunggah ke media sosial," katanya.

Setelah penataan fasad, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan melanjutkan penataan kawasan secara lebih menyeluruh, termasuk mengubah jalan aspal menjadi jalan dari batu serta memasang reklame toko.

"Kegiatan itu akan kami lakukan pada 2019 dengan menggunakan dana yang cukup besar sekitar Rp5,5 miliar," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024