KKP bangun TPI higienis Pantai Sadeng

id ikan

KKP bangun TPI higienis Pantai Sadeng

ikan hasil tangkapan nelayan, dok, ilustrasi ( ANTARA FOTO/Rahmad/aww/17.)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun tempat pelelangan ikan higienis di Pelabuhan Pantai Sadeng, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga ikan bisa langsung diekspor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul Khairudin di Gunung Kidul, Senin mengatakan pembangunan tempat pelelangan ikan (TPI) higienis sendiri merupakan program dari pemerintah pusat.

"Rencananya, proyek ini akan mulai dilaksanakan pada 2018 ini TPI bersih (higienis) merupakan wewenang pemerintah pusat. Tahun ini mulai pembangunanya," katanya.

Ia mengatakan pembangunan ini cukup penting dan krusial. Sebab, selama ini ikan di perairan Gunung Kidul sudah memenuhi standar ekspor, karena tidak adanya fasilitas, ikan hasil tangkapan nelayan tersebut harus dikirimkan ke Surabaya terlebih dahulu sebelum nantinya diekspor.

"Ikan hasil tangkapan nelayan bisa langsung melakukan ekspor yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi para nelayan," katanya.

Khairudin mengatakan di Gunung Kidul sendiri, ada tiga pantai yang memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Ketiga pantai tersebut adalah Pantai Gesing, Ngrenehan dan Sadeng, Kecamatan Girisubo.

"Potensi ikan cukup besar, perlu dioptimalkan," katanya.

Salah satu upaya mendukung TPI Higienis Sadeng sudah mulai dioperasikan, Pemkab Gunung Kidul telah membuat program optimalisasi. DKP bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Wonogiri untuk mengembangkan perikanan bersama-sama. Dalam kerja sama ini, nantinya Pemkab Gunung Kidul akan lebih menitikberatkan pada peningkatan SDM nelayan Gunung Kidul yang selama ini memang dianggap kurang.

"Sebenarnya potensi kita itu sangat besar, tapi SDM nelayan kita masih kurang sehingga sekarang ini justru nelayan dari luar daerah membanjiri perairan Gunung Kidul," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan pihaknya terus berupaya mendukung perekonomian masyarakat. Tidak hanya sektor pariwisata, tetapi pertanian, dan perikanan terus dikembangkan.

"Pemkab Gunung Kidul berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.



(U.KR-STR)