Polair DIY harapkan dermaga Adikarto segera dibangun

id tanjung adikarto,polair DIY

Polair DIY harapkan dermaga Adikarto segera dibangun

Pelabuhan Tanjung Adikato Kulon Progo Yogyakarta (Foto ANTARA)

Bantul (Antaranews Jogja) - Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan dermaga di wilayah Tanjung Adikarto Kabupaten Kulon Progo segera terbangun guna memaksimalkan kegiatan patroli pantai.

"Kita harapkan segera ada dermaga di wilayah Tanjung Adikarto Kulon Progo, agar kegiatan patroli bisa dilakukan dari barat," kata Kepala Satuan (Kasat) Patroli Direktorat Polair Polda DIY AKBP Bayu Herlambang di Bantul, Selasa.

Menurut dia, saat ini kegiatan patroli pantai untuk mengawasi atau antisipasi dari pencurian ikan oleh kapal ikan asing atau luar DIY baru dilakukan dari sisi timur wilayah Pantai Sadeng Gunung Kidul yang sudah punya pelabuhan ikan.

Sementara patroli dari barat atau Kulon Progo belum bisa dilakukan, karena tidak ada dermaga atau pelabuhan, padahal wilayah pantai yang jadi kewenangan Polair Polda DIY sepanjang 113 kilometer dari Pantai Sadeng sampai Pantai Glagah.

"Kalau dari wilayah Pantai Sadeng sudah ada kapal patroli, patroli kita laksanakan bersama dari DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) dan TNI AL di sepanjang 113 kilometer sampai tengah laut hampir 12 mil," katanya.

AKBP Bayu mengatakan, saat ini terdapat enam unit kapal patroli Polair Polda DIY, empat kapal jenis C2 dan dua kapal jenis C3 yang masing-masing panjangnya sekitar 16 meter dengan kecepatan rata-rata 17 sampai 25 knot.

"Kita berputar terus hampir 12 mil ke tengah laut, kemudian kita melaksanakan patroli dari Pantai Sadeng sampai Pantai Glagah pulang pergi kalau cuaca bagus kurang lebih selama 13 jam dengan cuaca seperti ini," katanya.

Selain untuk mengawasi atau mengantisipasi dari pencurian ikan oleh kapal asing, kata Bayu, kegiatan patroli pantai Polair DIY juga untuk melindungi dan memberikan rasa nyaman kepada nelayan pantai selatan DIY mencari ikan di wilayahnya.

"Jadi ini musim enak karena musim angin barat, jadi saatnya kapal nelayan melaut, dan kita lindungi, silahkan nelayan kita mengambil ikan di laut. Ini sesuai visi daripada Ngarso Dalem yaitu wajah DIY menghadap selatan," katanya.Budi Suyanto
(T.KR-HR) 20-03-2018 13:07:06