China meluncurkan satelit jelajahi sisi gelap bulan

id satelit

China meluncurkan satelit jelajahi sisi gelap bulan

Ilustrasi (foto telkomsolution.com)

Shanghai (Antaranews Jogja/Reuters) - China meluncurkan satelit relai yang dirancang untuk membangun hubungan komunikasi antara bumi dan  bulan pada Senin, yang direncanakan akan menjelajahi sisi gelap bulan, kantor berita resmi Xinhua menyampaikan.

Mengutip Administrasi Ruang Angkasa Nasional China, Xinhua melaporkan bahwa satelit itu diluncurkan pada pukul 5:28 pagi (21.28 GMT, Minggu) dengan menggunakan roket Long March-4C dari pusat peluncuran Xichang di barat daya negara itu.

"Peluncuran ini merupakan langkah kunci bagi China untuk mewujudkan tujuannya menjadi negara pertama yang mengirim penyelidikan dengan mendarat dan menjelajahi sisi jauh dari bulan," kata Xinhua mengutip Zhang Lihua, manajer proyek satelit relai.

Satelit yang dikenal sebagai Queqiao atau Jembatan Magpie ini, akan menetap di orbit setinggi sekitar 455.000 km dari bumi dan akan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

China bertujuan untuk mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan ruang angkasa terbesar pada tahun 2030.

China berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun angkasa berawak sendiri tahun depan.

Namun, sementara China bersikeras bahwa ambisinya murni bermaksud dengan damai, Departemen Pertahanan AS telah menuduh mereka melakukan kegiatan yang bertujuan mencegah negara-negara lain menggunakan aset berbasis ruang selama krisis.