Masyarakat diminta sambut Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

id Asian games

Jumpa pers Obor Asian Games 2018 di Gedong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Senin (16/7). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak masyarakat di derah ini ikut menyambut Obor Asian Games 2018 yang akan tiba di Baseops Lapangan Udara Adisutjipto pada Selasa (17/7).
         
"Ini kebanggan bagi Yogyakarta menjadi tempat pertama dilalui Obor Asian Games, masyarakat kami harapkan ikut menyambut dengan meriah," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda DIY, Sulistyo saat jumpa pers di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin.
         
Menurut Sulistyo, Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta untuk menyiapkan berbagai penyambutan sebagai kabupaten yang akan dilintasi parade Obor Asian Games.
           
"Dari aspek kemanan juga sudah kami siapkan dengan Polda DIY dengan sebaik-baiknya karena ini sejarah pertama Yogyakarta dipilih sebagai daerah pertama tibanya Obor Asian Games," kata dia.
             
Ia mengatakan selain memberikan kebanggan, Parade Obor Asian Games juga memiliki potensi besar mempromosikan pariwisata di Yogyakarta. Sulistyo yakin jumlah kunjungan wisata bisa ikut terdongkrak.
             
Menurut Sulistyo, berbagai acara penyambutan Obor Asian Games 2018 akan dipusatkan disejumlah titik yang mampu merepresentasikan pariwisata di DIY, mulai dari Musium Dirgantara, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, serta Malioboro. "Seluruh masyarakat Yogyakarta bisa ikut melihat acara penyambutan obor itu di semua spot," kata dia.
             
Torch Organaiser Relay Asian Games 2018, Virza Reskyana Indra mengatakan api obor  Asian Games yang diambil dari New Delhi, India akan tiba di Baseops Lanud Adisutjipto pada Selasa (17/7) pukul 08.00 WIB.
         
Menurut dia, yang akan membawakan api dari India adalah ketua Inasgocada Erick Thohir serta Tourc Ambassador Susy Susanti.
         
"Setelah tiba akan disambut dengan tarian dan diterima oleh Forkopimda (Forum Komunikasi Pemerintah Darerah) DIY serta Gubernur DIY dan diinapkan di Museum Dirgantara," kata dia.
         
Selanjutnya, kata dia, pada Rabu (18/7)  api obor akan diarak ke Candi Ratu Boko. Pada malam harinya obor dibawa ke Candi Prambanan untuk dipertemukan dengan api abadi Mrapen. Acara pada malam itu akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.
         
Kemudian pada Kamis (19/7), lanjut dia, Obor Asian Games dibawa ke tugu jogja untuk diarak sepanjang 10 kilometer melintasi Jalan Mangkubumi, Malioboro, Titik Nol Kilometer hingga Alun-Alun Yogyakarta. Setelah sampai kembali di Tugu Yogyakarta, Obor Asian Games akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada Panitia Inasgoc untuk dibawa ke Solo, Jawa Tengah.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar