70 pelatih mengikuti pelatihan atletik di UNY

id uny

70 pelatih mengikuti pelatihan atletik di UNY

Kampus UNY (unycommunity.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 70 pelatih dan instruktur mengikuti Pelatihan Pelatih dan Instruktur Cabang Olahraga Atletik untuk tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Kompleks Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 23-27 Juli 2018.

"Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Pelatihan 100.000 Pelatih yang berada di bawah Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora dengan sasaran meningkatkan sumber daya manusia keolahragaan," kata Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pelatih dan Instruktur Kemenpora Ahmad Arsani.

Dengan adanya program pelatihan itu, menurut dia, diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih karena kondisi saat ini dunia olahraga Indonesia masih kekurangan jumlah pelatih. Pada era olahraga modern saat ini, pelatih tidak hanya dituntut untuk mempunyai keahlian melatih, tetapi juga kemampuan manajerial.

"Melalui program tersebut diharapkan satu pelatih bisa menghasilkan satu atlet berprestasi. Jika setiap pelatih minimal dapat mengidentifikasi dan melatih seorang atlet potensial, di masa mendatang pemerintah mendapatkan 100.000 atlet untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlet nasional," katanya.

Ia mengemukakan, pelatihan itu menghadirkan narasumber duo pelatih juara dunia junior U-20 Lalu Muhammad Zohri, yakni I Komang Budagama dan I Made Budiasa. Mereka dihadirkan sebagai narasumber dalam pelatihan itu untuk berbagi pengalaman dengan para peserta pelatihan yang rata-rata berusia muda dan masih pemula.

"Pelatihan yang berlangsung selama lima hari itu juga menghadirkan narasumber mantan juara Asia Rossy Nurasjati. Materi pelatihan selain teori di ruang kelas seperti penyusunan program latihan, metodologi latihan, dan teori kepelatihan, juga dilengkapi dengan praktik lapangan," katanya.